STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR SISWA LULUSAN SD DAN MI DALAM PELAJARAN PAI DI KELAS VII MTS AMPEL BANJAREJO SUMBERREJO BOJONEGORO

QUBRO, LATIFATUL (2020) STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR SISWA LULUSAN SD DAN MI DALAM PELAJARAN PAI DI KELAS VII MTS AMPEL BANJAREJO SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang sangat mempengaruhi kepribadian seseorang. Pendidikan paling awal adalah pendidikan dasar yaitu pada tingkat SDMI, di mana pendidikan ini adalah pendidikan yang melandasi pendidikan selanjutnya yaitu pada tingkatan SMP-MTs. Pendidikan dasar bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dasar kepada peserta didik untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara dan anggota umat manusia serta mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan menengah. Baik pada SD maupun MI memiliki kurikulum yang sama dan juga jam pengajarannya pun sama. Selain mengajarkan pelajaran seperti pada SD juga ditambah pelajaran yang berkenaan dengan agama yaitu Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Dan hal itu akan mempengaruhi pendidikan siswa pada tingkat selanjutnya. Atas dasar latar belakang inilah peneliti merasa penting untuk melakukan penelitian ini dengan maksud untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa lulusan SD dan MI. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas VII MTs Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro dan peneliti berusaha menemukan perbedaan prestasi belajar siswa lulusan SD dan MI pada lokasi tersebut. Temuan data hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan dapat dilihat menggunakan teknik komparasi, ternyata dari data yang ada t hitung adalah -0,121, bila dimasukkan pada pernyataan bahwa apabila t hitung lebih besar daripada nilai “t tabel”, ini menunjukkan bahwa perbedaan tersebut signifkan, dan sebaliknya apabila “r hitung” lebih kecil dari “r tabel” itu artinya tidak ada perbedaan yang signifikan. Dalam hal ini “t hitung” -0,121< “t tabel 5%” 2,05 dan “t hitung” -0,121< “t tabel” 2,76. “t hitung” ternyata lebih kecil dari “t tabel”, dan dapat disimpulkan bahwa keduanya tidak memiliki perbedaan prestasi belajar pada pelajaran pendidikan agama islam. Dari penelitian ini disarankan agar setiap sekolah yang memiliki siswa lulusan SD maupun MI untu

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Studi Komparatif, Prestasi Belajar, PAI
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 19 May 2022 07:47
Last Modified: 19 May 2022 07:47
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item
View Item