NAZIKHIN, KHOIRUN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI PAI DI SMP ISLAM AL-ALY KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (23kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (150kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (314kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (122kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran dengan tipe kancing gemerincing dikembangkan oleh Spencer Kagan. Tipe ini bias digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik. Dalam kegiatan kancing gemerincing, masing-masing anggota kelompok mendapatkan kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran orang lain. Motivasi belajar yaitu segala sesuatu yang ditunjukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada seseorang yang melakukan kegiatan belajar agar menjadi lebih giat lagi dalam belajarnya untuk memperoleh prestasi yang lebih baik lagi. Dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat memberikan konstribusi untuk meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan mengecek pemahaman siswa sebagai dasar perbaikan proses belajar mengajar hasil belajar siswa SMP Islam Al-Aly Kalitidu Bojonegoro, dengan sub fokus mencakup: 1) pelaksanaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Kancing Gemerincing. 2) Peningkatan Motivasi Belajar siswa. 3) Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif tipe Kancing Gemerincing dalam meningkatkan motivasi siswa SMP Islam Al-Aly Kalitidu Bojonegoro . Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) metode observasi 2) wawancara (interview) 3) koesioner (angket) 4) dokumentasi. Teknik analisis data yaitu teknik korelasi product moment, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing memiliki pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa SMP Islam Al-Aly Kalitidu Bojonegoro. Hal ini terbukti dengan pengisian angket Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dan angket motivasi belajar siswa yang dihasilkan dari 47 responden. Dan untuk mengetahui pengaruh Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Motivasi belajar siswa SMP Islam Al-Aly Kalitidu Bojonegoro dalam penelitian ini, digunakan metode analisis statistic produc
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing, Peningkatan Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 19 May 2022 07:21 |
Last Modified: | 19 May 2022 07:21 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ulfa, Ulfa UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/931 |