PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF GURU AQIDAH AKHLAK DAN MURID TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM MURID MADRASAH IBTIDAIYAH NASY’ATUL ULUM BALEN BOJONEGORO KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO

ARDIYANI, IKA (2014) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF GURU AQIDAH AKHLAK DAN MURID TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM MURID MADRASAH IBTIDAIYAH NASY’ATUL ULUM BALEN BOJONEGORO KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Interaksi Edukatif adalah hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik dalam suatu sistem pengajaran. Salah satu langkah untuk meningkatkan kepribadian muslim anak didik adalah dengan menciptakan imteraksi edukasi pembelajaran aqidah akhlak yang baik. Guru mata pelajaran aqidah akhlak memiliki peran penting dalam pembentukan kepribadian muslim, karena dalam pembelajaran aqidah akhlak diajarkan bagaimana pelaksanaan ajaran akhlak sesuai dengan landasan islam yaitu Al-qur’an dan Hadits Sehingga bagi anak yang berada dalam interaksi edukasi guru aqidah akhlak yang baik akan mendapatkan pengaruh positif. Yang mana anak mampu tumbuh menjadi seorang insan yang baik yang berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain. Selain itu, Interaksi Edukatif guru aqidah akhlak ini dimaksudkan bisa membangkitkan kepribadian muslim siswa. Dari uraian diatas, permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Interaksi Edukatif Guru Aqidah Akhlak dan Murid MI. Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro (2) Bagaimana kepribadian Muslim Siswa MI. Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro(3) Adakah pengaruh Interaksi Edukasi Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa MI. Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tentang Interaksi Edukatif Guru Aqidah Akhlak dan murid MI. Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro (2) Untuk mengetahui tentang Kepribadian Muslim Siswa MI. Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh interaksi edukatif guru aqidah akhlak dan murid dalam pembentukan kepribadian muslim siswa MI. Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro. Penelitian ini dilakukan pada kelas III, IV, V, dan VI yang berjumlah 50 di MI. Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro sebagai anggota sampel. Setelah penelitian dilakukan dan data dianalisis dengan menggunakan rumus product moment, telah terbukti bahwa ada pengaruh interaksi edukatif guru aqidah akhlak dan murid dalam pembentukan kepribadian muslim siswa MI. Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif Guru Aqidah Akhlak, Kepribadian Muslim
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 170 Etika
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:32
Last Modified: 26 Oct 2021 22:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Yusuf, Anas
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item
View Item