IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI THENGUL UNTUK MELATIH MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA HIDAYATUL MUTTAQIN DESA KLUMPANG KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO

AFIYAH, UMMUL (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI THENGUL UNTUK MELATIH MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA HIDAYATUL MUTTAQIN DESA KLUMPANG KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Dapus.pdf] Text
Dapus.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of Biografi & Lampiran.pdf] Text
Biografi & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy

Abstract

Motorik kasar adalah menggerakkan otot-otot besar sesuai dengan perintah dari otak. Salah satu cara melatih motorik kasar anak ialah dengan menggunakan pembelajaran tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi pembelajaran tari Thengul dalam melatih motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA. Hidayatul Muttaqin, dengan fokus penelitian: 1) pelaksanaan pembelajaran tari Thengul, 2) implementasi pembelajaran tari Thengul dalam melatih motorik kasar. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian kualitatif dengan metodologi deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui proses penggalian data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis non statistic dengan acuan dari Miles dan Hubberman. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Pembelajaran tari Thengul dilaksanakan setiap hari Senin di halaman sekolah dengan dipimpin 1 orang instruktur. Seluruh siswa di wajibkan ikut. Pembelajaran di iringi musik. Guru-guru yang lain memantau dan mengontrol siswa, 2 ) Implementasi pembelajaran tari Thengul untuk melatih motorik kasar dengan mengajak anak melakukan semua gerakan dalam tari thengul, sebab seluruh gerakan tari termasuk dalam gerakan motorik kasar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Motorik kasar, Pembelajaran tari, Tari Thengul.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 18 May 2022 07:18
Last Modified: 18 May 2022 07:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KUSNA, SITI LABIBA
UNSPECIFIED
Thesis advisor
CHOIRI, MOH. MIFTAKHUL
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item
View Item