Muhanik, Siti (2021) Analisi Fitur “Ajak Teman” Sebagai Upaya Mendapat Reward Bonus Cashback di Aplikasi Shopback Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (591kB)
AWALAN.pdf
Download (869kB)
BAB 1.pdf
Download (1MB)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (628kB)
DAFTAR PUSTAKAA.pdf
Download (647kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Fitur ajak teman adalah sejenis bonus cashback yang yang diberikan oleh aplikasi Shopback dengan cara membagikan kode referral kepada teman untuk mendaftar sebagai pengguna baru. Dalam aplikasi online Shopback perusahaan memberikan ketentuan bahwa yang mengajak dan yang diajak akan mendapatkan bonus cashback sebesar Rp. 12.500. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang praktik Fitur “Ajak Teman” sebagai upaya mendapat reward bonus cashback di aplikasi Shopback, bonus cashbacknya tidak bisa digunakan yang akan ditinjau dari Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana praktik “Ajak Teman”, dan dtinjauan dari Hukum Ekonomi Syariah Terhadap fitur “Ajak Teman” sebagai upaya mendapatkan bonus cashback di aplikasi Shopback. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan lapangan (field research). Sumber datanya meliputi data primer yaitu observasi dan wawancara, sedangkan data sekundernya diperoleh dari buku-buku kitab fikih, jurnal dan internet. Metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif analitik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori akad ju’a>lah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa: Mekanisme praktik Progam “Ajak Teman” adalah pennguna menyebarkan link kode referral yang ada dalam menu halaman “Ajak Teman. Ajakan dinyatakan berhasil jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan yaitu, mendaftarkan diri dengan kode referral, melakukan transaksi minimal Rp. 50.000, status cashback sudah dikonfirmasi, dan telah mengisi rincian penarikan, syarat terakhir yang tidak dicantumkan pihak shopback pada menu halaman “ Ajak Teman” yaitu baik yang mengajak maupun yang diajak harus memiliki saldo minimal Rp. 50.000 diluar bonus cashback “Ajak Teman”. Kemudian ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik fitur “Ajak Teman” sebagai upaya mendapatkan bonus Cashback di aplikasi Shopback termasuk kategori ju’a>lah fasidah. Bahwa ju’a>lah yang diterapkan pada persoalan tersebut termasuk ju’a>lah fasidah, pada praktiknya implementasi rukun dan syarat ju’a>lah pada progam”Ajak Teman” di aplikasi Shopback belum memenuhi ketentuan khususnya pada rukun dan syarat s}higat karena terdapat gharar, dimana pihak shopback (ja>’il) tidak mencantukan semua ketentuan dan persyaratan pada halaman menu “Ajak Teman”, sehingga pengguna tidak bisa mendapatkan haknya yaitu bonus cashback sebesar Rp. 12.500.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hukum Ekonomi Syariah, fitur “Ajak Teman”, Aplikasi Shopback |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 18 May 2022 02:02 |
Last Modified: | 18 May 2022 02:02 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Hambali, M. Ridlwan UNSPECIFIED Thesis advisor Cahyono, Eko Arief UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/890 |