IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TARUNA BALEN BOJONEGORO

Atik, Zuhriana Sahil (2021) IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TARUNA BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembinaan akhlak di sekolah sangat penting, terutama untuk siswa SMK. Pergaulan yang tak terkontrol serta perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong sekolah untuk melakukan kegiatan pembinaan akhlak, karena sekolah merupakan lingkungan kedua dalam pembentukan akhlak setelah keluarga. Pembinaan perlu dilakukan dalam jam sekolah maupun luar jam sekolah. Kemampuan sekolah dalam membina akhlak siswa juga membawa dampak besar terhadap lingkungan terutama untuk siswa itu sendiri. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembinaan akhlak siswa kelas XI SMK Taruna Balen? (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak pada siswa kelas XI SMK Taruna Balen? Dan (3) Bagaimana hasil pembinaan akhlak pada siswa kelas XI SMK Taruna Balen? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dalam perencanaan sudah ada program terperinci dengan baik, meliputi: berjabat tangan, pembacaan surat yasin, ziaroh kubur, istighoutsah, sholat dhuhur berjamaah, sholat dhuha, penguatan aqidah, ekstrakurikuler hadrah dan PHBI.(2) pelaksanaan pembinaan dilaksanakan sesuai jadwal dan dengan metode yang sudah direncanakan. Dari program yang ada di SMK Taruna Balen yang sudah berjalan dengan baik diantaranya: berjabat tangan, pembacaan surat yasin, sholat dhuhur berjamaah, sholat dhuha, istighotsah, dan penguatan aqidah. Sementara kegiatan ziaroh kubur, ekstrakurikuler hadrah dan PHBI masih berjalan kurang maksimal karena terkadang terkendala waktu. (3) hasil adanya pembinaan akhlak pasa siswa di SMK Taruna Balen siswa menjadi lebih tertib, mengetahui tanggung jawab dan kewajibannya serta punya rasa tawadhu’ terhadap guru.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembinaan Akhlak, dan Siswa
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 17 May 2022 03:54
Last Modified: 17 May 2022 03:54
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item
View Item