PROMOSI JUAL BELI MELALUI SPAM KOMENTAR DI STATUS FACEBOOK PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Nuriyah, Nurul (2021) PROMOSI JUAL BELI MELALUI SPAM KOMENTAR DI STATUS FACEBOOK PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of a SAMPUL.pdf] Text
a SAMPUL.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of b Awalan.pdf] Text
b Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (658kB)

Abstract

Facebook telah memberikan peran tersendiri bagi para pelaku bisnis online yang menggunakan Facebook sebagai media bisnisnya. Mempromosikan produk dagangan di kolom komentar Facebook status orang lain yang dilakukan oleh pelapak itu mengganggu pembaca status. Aktifitas spam di Facebook yang dilakukan mempunyai berbagai tujuan, seperti komersial, iklan dan promosi. Rumusan masalah dari penelitian ini meliputi bagaimana mekanisme promosi jual beli melalui spam komentar di status Facebook, dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap promosi jual beli melalui spam komentar di status Facebook. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik promosi jual beli, dan untuk mengetahui dan memahami tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktik promosi jual beli melalui spam komentar di status Facebook. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan atau field research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara dan observasi. Strategi analisis yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan strategi analisis deduktif. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teori etika bisnis Islam, kemudian ditarik kesimpulan untuk menyelesaikan permasalahan. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan memasang iklan berjualan di komentar status orang lain dikenal dengan sebutan spam komentar. Hal semacam ini dilakukan tanpa meminta izin kepada pemilik status. Kemudian iklan komentar yang berisi promosi jualan tersebut akan dihapus oleh pemilik status karena dianggap menganggu. Tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktik promosi jual beli melalui spam komentar di status Facebook tidak sesuai dengan standart etika bisnis Islam prinsip kehendak bebas karena melakukan pelanggaran dalam penggunaan hak, tidak ada izin dari pemilik status, dan melakukan sesuatu yang dilarang. Jadi praktik promosi jual beli melalui spam komentar di status Facebook adalah perbuatan yang tidak etis (qabi<h).

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi Jual Beli, Spam Komentar, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 17 May 2022 03:07
Last Modified: 17 May 2022 03:07
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HUDA, NURUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
CAHYONO, EKO ARIEF
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item
View Item