MAHMUDA, APRILIA DWI SITI (2021) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PENINGKATAN KARAKTERISTIK BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH AS-SYAFI’IYAH SIMOREJO, KANOR, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
Cover.pdf
Download (175kB)
Awalan.pdf
Download (562kB)
BAB I.pdf
Download (354kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (420kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (190kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (669kB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran aqidah akhlak adalah proses perubahan baik perubahan tingkah laku maupun pengetahuan dengan melalui interaksi antara guru dan peserta didik di dalam kelas yang di dalamnya terdapat materi aqidah akhlak serta mengajarkan keimanan, masalah ke Islaman, kepatuhan dan ketaatan dalam menjalankan syariat Islam menurut agama sehingga akan terbentuk pribadi yang berakhlak mulia, dan merupakan Pendidikan yang tidak hanya menekankan pada aspek intelektual saja, tetapi aspek moral dan bertujuan membentuk seseorang yang berkarakter. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran Aqidah Akhlak, mengetahui peningkatan karakteristik budi pekerti dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam analisis proses pembelajaran aqidah akhlak terhadap peningkatan karakteristik budi pekerti peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Salafiyah As-Syafi’iyah Simorejo, Kanor, Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif sehinngga didapatkan data primer dan sekunder. Data primer melakukan observasi dan wawancara pihak lembaga Madrasah Aliyah Salafiyah As-Syafi’iyah Simorejo, Kanor, Bojonegoro. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literature dari buku, dokumen, internet dan lain-lain. Hasil penelitian ini yaitu proses pembelajaran aqidah akhlak sangat berdampak positif terhadap peserta didik karena dapat meningkatkan karakteristik budi pekerti peserta didik. Dalam pembelajaran aqidah akhlak ini peserta didik diminta untuk membiasakan melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran aqidak akhak ini adalah komitmen dari kepala sekolah, guru dan orang tua, serta sarana dan prasarana. Faktor yang menghambat proses pembelajaran aqidah akhlak ini yaitu kurang mendengarkan dan memperhatikan, tidur saat jam pelajaran, serta bolos sekolah bahkan pulang sebelum waktunya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran aqidah akhlak, karakteristik budi pekerti, peserta didik |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 17 May 2022 01:54 |
Last Modified: | 17 May 2022 01:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AZIZ, SU’UDIN UNSPECIFIED Thesis advisor Februyani, Nawafila UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/870 |