ALFIYATINNURIYAH, ALFIYATINNURIYAH (2021) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 13-19 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ABAD 21. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
1. COVER.pdf
Download (177kB)
2. AWALAN.pdf
Download (1MB)
3. BAB I.pdf
Download (990kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (864kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (742kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (909kB)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (736kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan. Tidak ada yang mengingkari, apalagi menolak terhadap arti penting dan signifikansi pendidikan terhadap individu dan juga masyarakat. Pendidikan Islam begitu memperhatikan setiap perkembangan anak untuk mencapai sebuah keselarasan di dalam kehidupannya. Sumber belajar dari pendidikan Islam itu sendiri salah satunya adalah Al-Qur’an, di dalamnya terdapat berbagai macam esensi pendidikan. Sehingga diperlukan kajian mengenai pendidikan untuk perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 dan untuk menganalisis konsep pendidikan anak dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 menurut Tafsir Jalalain serta relevansinya dengan pendidikan abad 21. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan, yaitu penelitian yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada kajian kritis dan mendalam terhadap bahan pustaka yang relevan. Adapun pembahasannya, penulis menggunakan studi analisis isi dengan metode deskriptif, karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata tertulis, dengan demikian penelitian ini memuat petikan data dalam penyajian laporan. Dalam penulisan skripsi ini mengingat sumber datanya dari al-Qur’an maka metode kajian dan analisis data yang penulis gunakan adalah metode tafsir tematik. Setelah penulis mengadakan suatu kajian, akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga konsep pendidikan anak dalam Al-Qur’an surat luqman ayat 13-19 (Telaah Tafsir Jalalain) yaitu: (1) pendidikan tauhid (keimanan), (2) pendidikan akhlak, (3) pendidikan ibadah. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an surat luqman ayat 13-19 (Telaah tafsir jalalain) yaitu: (1) pendidikan dengan kasih sayang, (2) pendidikan secara berkesinambungan, (3) berbakti kepada orang tua dalam hal kebaikan, (4) mendirikan shalat, (5) beramar ma’ruf nahi munkar, (6) sabar dalam segala cobaan, (7) larangan bersikap sombong (8) sederhana dalam berjalan dan merendahkan suara ketika berbicara.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Anak, Abad 21 |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 May 2022 04:20 |
Last Modified: | 12 May 2022 04:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fahman, Mundzar UNSPECIFIED Thesis advisor NISA', IDA FAUZIATUN UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/848 |