KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 13-19 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ABAD 21

ALFIYATINNURIYAH, ALFIYATINNURIYAH (2021) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 13-19 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ABAD 21. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (990kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan. Tidak ada yang mengingkari, apalagi menolak terhadap arti penting dan signifikansi pendidikan terhadap individu dan juga masyarakat. Pendidikan Islam begitu memperhatikan setiap perkembangan anak untuk mencapai sebuah keselarasan di dalam kehidupannya. Sumber belajar dari pendidikan Islam itu sendiri salah satunya adalah Al-Qur’an, di dalamnya terdapat berbagai macam esensi pendidikan. Sehingga diperlukan kajian mengenai pendidikan untuk perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 dan untuk menganalisis konsep pendidikan anak dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 menurut Tafsir Jalalain serta relevansinya dengan pendidikan abad 21. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan, yaitu penelitian yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada kajian kritis dan mendalam terhadap bahan pustaka yang relevan. Adapun pembahasannya, penulis menggunakan studi analisis isi dengan metode deskriptif, karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata tertulis, dengan demikian penelitian ini memuat petikan data dalam penyajian laporan. Dalam penulisan skripsi ini mengingat sumber datanya dari al-Qur’an maka metode kajian dan analisis data yang penulis gunakan adalah metode tafsir tematik. Setelah penulis mengadakan suatu kajian, akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga konsep pendidikan anak dalam Al-Qur’an surat luqman ayat 13-19 (Telaah Tafsir Jalalain) yaitu: (1) pendidikan tauhid (keimanan), (2) pendidikan akhlak, (3) pendidikan ibadah. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an surat luqman ayat 13-19 (Telaah tafsir jalalain) yaitu: (1) pendidikan dengan kasih sayang, (2) pendidikan secara berkesinambungan, (3) berbakti kepada orang tua dalam hal kebaikan, (4) mendirikan shalat, (5) beramar ma’ruf nahi munkar, (6) sabar dalam segala cobaan, (7) larangan bersikap sombong (8) sederhana dalam berjalan dan merendahkan suara ketika berbicara.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Anak, Abad 21
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 May 2022 04:20
Last Modified: 12 May 2022 04:20
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fahman, Mundzar
UNSPECIFIED
Thesis advisor
NISA', IDA FAUZIATUN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item
View Item