FAMILA, NIA IKA (2021) PENERAPAN METODE KUNJUNGAN RUMAH GURU PADA KEMAMPUAN MEMBACA PUISI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS II MI AL-MUSTHOFA KLEPEK KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
AWALAN.pdf
Download (921kB)
BAB I.pdf
Download (881kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (695kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (560kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (898kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (422kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (656kB)
Abstract
Masa pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan ke berbagai sektor, salah satunya adalah pendidikan. Namun, pemerintah akhirnya tetap memaksakan kebijakan untuk melaksanakan School From Home secara daring. Melalui pengamatan di MI Al-Musthofa Klepek bahwa saat pembelajaran daring (dalam jaringan) pada masa pandemi, peserta didik menjadi lebih pasif, cenderung malas, kurang antusias, dan tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan kunjungan rumah guru pada kemampuan membaca puisi di masa pandemi covid-19 di kelas II MI Al-Musthofa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro, dengan fokus mencakup: (1) penerapan metode kunjungan rumah, (2) hambatan penerapan metode kunjungan rumah, dan (3) solusi penerapan metode kunjungan rumah, yang dilakukan MI Al-Musthofa Klepek. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala madrasah, guru kelas, guru PAI, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode kunjungan rumah yang dilakukan MI Al-Musthofa Klepek dengan menyiapakan: (a) perencanaan lokasi, (b) menyiapkan materi, (c) alat pelindung diri atau tetap mematuhi protokol kesehatan, d) menyiapkan transportasi, 2) hambatan penerapan metode kunjungan rumah yang dilakukan MI Al-Musthofa Klepek yaitu: (a) Terbatasnya SDM (Sumber Daya Manusia) (b) Membutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra. (c) Rumah antar peserta didik dengan guru jauh. 3) solusi penerapan metode kunjungan rumah yang dilakukan MI Al-Musthofa Klepek yaitu: Pembagian kelompok belajar perkelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kunjungan Rumah, Membaca Puisi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 May 2022 02:03 |
Last Modified: | 12 May 2022 02:03 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AMRETA, MIDYA YULI UNSPECIFIED Thesis advisor NADZIROH, AMIK UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/837 |