IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERBAIKAN KARAKTER SANTRI ANAK JALANAN PONDOK PESANTREN MANBA’UL ULUM SUGIHWARAS BOJONEGORO

ROZAQ, ILHAM FATCHUR (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERBAIKAN KARAKTER SANTRI ANAK JALANAN PONDOK PESANTREN MANBA’UL ULUM SUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perbaikan karakter adalah pendidikan dimana memperbaiki sebuah karakter, karakter disini adalah karakter religious yang memfokuskan pada penanaman ketauhidan, etika, sopan santun. Dalam perbaikan karakter digunakan sebuah metode penelitian. Metode tersebut meliputi metode bilive, value, attitude dan behavior. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana metode dalam implementasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam perbaikan karakter santri anak jalanan pondok pesantren Manba’ul Ulum Sugihwaras. (2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam perbaikan karakter santri anak jalanan pondok pesantren Manba’ul Ulum Sugihwaras. (3) Apa saja yang menjadi faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam perbaikan karakter santri anak jalanan pondok pesantren Manba’ul Ulum Sugihwaras. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode yang dipakai dalam implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam perbaikan karakter di pondok pesantren tersebut berjalan dengan baik. Model pembelajaran yang ada di pondok tersebut sama halnya dengan santri umum lainya, santri anak jalanan lebih ditekankan pada tata cara membaca Al-Qur’an dan menghafal juz amma, yang dilakukan setiap hari sebelum sholat shubuh. (2) faktor pendukungnya yaitu santri anak jalanan lebih kreatif dalam bidang seni dibandingkan dengan santi umum, dan kebanyakan dari mereka mampu menghafalkan juz amma dengan baik, hanya dengan mendengarkan setiap hari. (3) faktor penghambat yaitu santri yang baru masuk pondok pesantren sulit menyesuaikan adanya budaya pondok pesantren dilihat dari budaya jalananya dulu yang terbilang bebas.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Perbaikan Karakter
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 11 May 2022 08:16
Last Modified: 11 May 2022 08:16
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item
View Item