AMIN, CHOIRUL (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH ABU DARRIN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (555kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (502kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (687kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (346kB)
Abstract
Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring selama pandemi dimana semua guru mata pelajaran di sekolah tersebut disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Classroom sebagai media berinteraksi antara guru dengan siswa selama proses pembelajaran berlangsung secara online. Namun, hingga saat ini masih terdapat gangguan yang terjadi selama proses pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh tiap guru mata pelajaran, tidak terkecuali guru mata pelajaran Fiqih. Kendala yang kadang dijumpai oleh guru adalah jaringan internet siswa yang kurang stabil, sehingga siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran daring sesuai jadwal yang telah ditentukan dan terbatasnya jumlah kuota data yang mereka miliki saat ingin mengikuti pembelajaran daring, sehingga tidak sedikit yang terpaksa terlambat dalam menyetorkan tugas melalui aplikasi tersebut. Hal tersebut mendorong keinginan untuk mengkajinya lebih lanjut ke dalam bentuk penelitian ilmiah. Penelitian ini bertujuan, antara lain 1) Untuk mengetahui pembelajaran daring dengan Google Classroom pada siswa kelas kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar Fiqih siswa kelas kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro, 3) Untuk mengetahui pembelajaran daring dengan Google Classroom berpengaruh terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan secara kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sampel penelitian, yaitu siswa kelas XI.2 IPA yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran daring dengan Google Classroom pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro tergolong cukup, 2) Prestasi belajar Fiqih siswa kelas kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro tergolong cukup, 3) Pembelajaran daring dengan Google Classroom berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran daring, Google Classroom, Prestasi Belajar Fiqh |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 10 May 2022 02:42 |
Last Modified: | 10 May 2022 02:42 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NISA’, IDA FAUZIATUN UNSPECIFIED Thesis advisor MAMLU’AH, AYA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/815 |