OPTIMALISASI PERAN PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA TUNGGULREJO KECAMATAN SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN

SHOLIHAH, AMINATUS (2021) OPTIMALISASI PERAN PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA TUNGGULREJO KECAMATAN SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVERR.pdf] Text
COVERR.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (698kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dampak wabah pandemi Covid-19 sangat besar dirasakan oleh dunia pendidikan di Indonesia. Pendidikan yang awalnya dikerjakan secara tatap muka (luring) kini harus menggunakan dengan cara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Daring. Dimana pembelajaran Daring membutuhkan tenaga pikiran yang sangat besar bagi guru untuk anak didik agar bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Keberlangsungan pembelajaran secara Daring, menimbulkan permasalahan bagi guru, siswa dan orang tua, karena belum terbiasanya belajar menggunakan secara daring. Permasalahan yang terjadi adanya pembelajaran secara daring adalah keterbatasan penguasaan teknologi informasi oleh guru dan siswa, akses internet yang terbatas, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurang siapnya persediaan anggaran dana, serta yang terpenting adalah kehadiran siswa yang sulit terkontrol, tingkat kehadiran jauh menurun disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya faktor dalam diri siswa dan kontrol orang tua yang kurang optimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah yang muncul yaitu: 1) Untuk mengetahui pengawasan orang tua dalam pembelajaran PAI secara daring pada siswa SMA di masa pandemi Covid-19 di Desa Tunggulrejo. 2) Untuk mengetahui Optimalisasi pengawasan orang tua dalam pembelajaran PAI secara daring pada siswa SMA di masa pandemi Covid-19 di Desa Tunggulrejo. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan solusi orang tua dalam pembelajaran PAI secara daring pada siswa SMA di masa pandemi Covid-19 di Desa Tunggulrejo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 13 siswa/siswi dan wali murid sebagai responden. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pengawasan orang tua dalam pembelajaran PAI secara daring pada siswa SMA di masa pandemi Covid-19 di Desa Tunggulrejo yaitu berupa pemberian bimbingan, nasihat, pengawasan terhadap kegiatan belajar dengan memberi perhatian kepada anak baik pada saat sebelum pembelajaran dimulai, saat pembelajaran berlangsung, sampai dengan setelah pembelajaran selesai, agar isi dan materi dari sekolah online tersebut tidak sia-sia, serta pemenuhan fasilitas belajar. 2. Bentuk optimalisasi pengawasan orang tua dalam pembelajaran PAI secara daring pada siswa SMA di masa pandemi Covid-19 di Desa Tunggulrejo di antarnya adalah sebagai berikut: a) Menegakkan disiplin. b) Menggalakan Tepat waktu. c) Selalu mendampingi anak dalam belajar. 3. Faktor penghambat dan solusi orang tua dalam pembelajaran PAI secara daring pada siswa SMA di masa pandemi Covid-19 di Desa Tunggulrejo adalah kurangnya fasilitas yang kurang memadai, orang tua sibuk bekerja karena tuntutan pekerjaan yang menjadikan kurangnya interaksi antara orang tua dengan anak dan juga kurangnya pemahaman orang tua pada pembelajaran online anak yang diberikan oleh guru. Adapun solusinya adalah orang tua mendampingi pembelajaran daring anaknya dengan membuat rencana target belajar anak, menjalankan kebiasaan yang sama dan ajarkan tanggung jawab kepada anak, sabar, memanfaatkan teknologi, dan mempelajari kekuatan serta kelemahan anak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengawasan Orang Tua, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:14
Last Modified: 27 Apr 2022 03:14
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rohmawati, Ulva Badi’
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Rozi, Fahru
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item
View Item