Pengembangan Panduan Pelatihan Teknik role playing Untuk Meningkatkan kecerdasan emosional Siswa SMK Taruna Balen Kabupaten Bojonegoro

Fais, M. Fahmi Nur (2021) Pengembangan Panduan Pelatihan Teknik role playing Untuk Meningkatkan kecerdasan emosional Siswa SMK Taruna Balen Kabupaten Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of Lampiran .pdf] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan hal yang penting dan paling dibutuhkan. Karena orang dengan kecerdasan intelegensi saja tanpa dibarengi dengan kecerdasan emosional akan memiliki sikap anti lingkungan sosial, seperti menarik diri, terlalu kritis, bersikap dingin dan lain sebagainya. Salah satu teknik yang bisa digunakan dalam meningkatkan kecerdasan emosional individu adalah teknik role playing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan sebagai pedoman bagi konselor dalam mengenalkan, melatih, dan mengembangkan kecerdasan emsional kepada siswa dengan menggunakan teknik role playing. Metode penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall dengan sepuluh langkah penelitian. Kesepuluh langkah tersebut dimodifikasi sesuai kebutuhan yang ada menjadi: (1) penelitian awal, (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji ahli, (5) revisi produk. Teknik analisis data uji ahli dan pengujian calon pengguna produk menggunakan kesepakatan antar penilai yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa produk pengembangan termasuk dalam kriteria sangat bermanfaat, sangat layak, sangat sesuai, dan sangat sesuai. Sehingga produk tersebut layak untuk digunakan oleh konselor sekolah untuk meningkatkan harga diri siswa. Saran yang dapat digunakan konselor untuk memahami topik dan materi agar pada saat memberikan pelatihan dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengembangan lebih lanjut dengan panduan produk yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik role playing, kecerdasan emosional
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Jun 2022 09:22
Last Modified: 27 Jun 2022 09:24
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item
View Item