EEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI IPS I SMA NEGERI 4 BOJONEGORO

FEBRIANI, FIRDA RAHMA (2021) EEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI IPS I SMA NEGERI 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of Awalan1.pdf] Text
Awalan1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of Lampiran skripsi1.pdf] Text
Lampiran skripsi1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seperti yang telah kita lihat bahwa, pembelajaran dilakukan secara online karena dampak dari adanya pandemi yang tengah melanda Negeri. Dalam situasi saat ini, seorang pendidik dituntut untuk lebih kreatif dalam penyampaian materi, hal tersebut dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik yang mulai menurun, akibat bosan mengikuti pembelajaran online. Dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik yang mulai menurun, pendidik dapat menggunakan beberapa platform, atau dapat dengan mengguakan video yang menarik sebagai metode penyampaian materi belajar. Berdasarkan uraian diatas permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Bojonegoro (2) Efektivitas pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik di SMA Negeri 4 Bojonegoro. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Bojonegoro, dan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran daring terhadap peningkatan motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro. Metode yang digunakan penulisan dalam penelitian inia dalah metode wawancara dan dokumentasi. Dengan dua metode tersebut penulis dapat memperoleh data-data yang konkret sesuai dengan penelitian yang dilaksanakan di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro. Penelitian ini dilakukan terhadap dua guru mata pelajaran yaitu, M. Rizal Kurniawan, S. Pd. I, dan Siti Muhanifah, S. Pd, dan telah terbukti adanya pembelajaran daring terhadap peningkatan motivasi belajar PAI Peserta didik di SMA Negeri 4 Bojonegoro. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa, pembelajaran daring dikatakan kurang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik,dikarenakan masih banyaknya kendala yang dirasakan oleh pendidik dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:58
Last Modified: 26 Apr 2022 03:58
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Huda, Agus
UNSPECIFIED
Thesis advisor
AZIZ, SU’UDIN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item
View Item