MUTOHHAROH, SITI SAYYDATUL (2021) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
AWALAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (296kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (756kB)
Abstract
Tahun 2020 merupakan tahun adaptasi baru bagi pendidikan, karena pembelajaran harus dilaksanakan secara online, ini terjadi karena merebahnya wabah virus corona di Indonesia. Semua lembaga pendidikan mencari platform pendidikan yang bisa dengan mudah digunakan untuk pembelajaran, begitu juga dengan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko yang memilih menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Aplikasi Microsoft Teams merupakan salah satu platform pembelajaran online yang telah dirancang sedemikan rupa dengan berbagai fitur yang ada sehingga pembelajaran online dapat berjalan dengan baik, mudah, nyaman, dan dapat dijangaku oleh semua kalangan guru dan siswa. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dengan mendwonload melalui appsstore ataupun playstore. Penggunaan aplikasi ini pada saat pandemi berdampak terhadap siswa khusunya siswa kelas X seperti prestasi belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan aplikasi Microsoft Teams pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko Tuban. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar kognitif siswa kelas X mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko Tuban. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Microsoft Teams terhadap prestasi belajar kognitif siswa kelas X mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko Tuban. Untuk mencapai tujuan diatas peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan hasil raport. Kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan data angket tentang penggunaan aplikasi Microsoft Teams di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko tegolong sangat baik. (2) Prestasi belajar kognitif siswa kelas X mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko berada pada taraf sangat baik. (3) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan aplikasi Microsoft Teams terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko Tuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams, Prestasi Belajar Kognitif, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 07:27 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 07:27 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MA'ARIF, M. JAUHARUL UNSPECIFIED Thesis advisor BURHANUDIN, HAMAM UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/762 |