PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 SOKO TUBAN

MUTOHHAROH, SITI SAYYDATUL (2021) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (756kB)

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun adaptasi baru bagi pendidikan, karena pembelajaran harus dilaksanakan secara online, ini terjadi karena merebahnya wabah virus corona di Indonesia. Semua lembaga pendidikan mencari platform pendidikan yang bisa dengan mudah digunakan untuk pembelajaran, begitu juga dengan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko yang memilih menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Aplikasi Microsoft Teams merupakan salah satu platform pembelajaran online yang telah dirancang sedemikan rupa dengan berbagai fitur yang ada sehingga pembelajaran online dapat berjalan dengan baik, mudah, nyaman, dan dapat dijangaku oleh semua kalangan guru dan siswa. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dengan mendwonload melalui appsstore ataupun playstore. Penggunaan aplikasi ini pada saat pandemi berdampak terhadap siswa khusunya siswa kelas X seperti prestasi belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan aplikasi Microsoft Teams pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko Tuban. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar kognitif siswa kelas X mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko Tuban. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Microsoft Teams terhadap prestasi belajar kognitif siswa kelas X mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko Tuban. Untuk mencapai tujuan diatas peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan hasil raport. Kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan data angket tentang penggunaan aplikasi Microsoft Teams di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko tegolong sangat baik. (2) Prestasi belajar kognitif siswa kelas X mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko berada pada taraf sangat baik. (3) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan aplikasi Microsoft Teams terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soko Tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams, Prestasi Belajar Kognitif, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:27
Last Modified: 25 Apr 2022 07:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MA'ARIF, M. JAUHARUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
BURHANUDIN, HAMAM
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item
View Item