IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI TK MUSLIMAT NU NURUL UMMAH 01 DESA BRENGGOLO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO

SHOLIHAH, IDA BADRIYATUS (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI TK MUSLIMAT NU NURUL UMMAH 01 DESA BRENGGOLO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER DAN ABSTRAK.pdf] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (327kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam sejak usia dini sangat berpengaruh dan mempunyai dampak yang luar biasa di kemudian hari, dalam rangka membentuk kepribadian anak baik di sekolah maupun di luar sekolah. Karena dengan pemahaman agama yang memadai anak akan mampu mengendalikan dirinya dalam bertindak dan bertingkah laku. Selain itu pada usia dini, pembentukan karakter anak didik juga sangat penting dilakukan.Dalam Kesendirian, baik di sekolah maupun dirumahnya kita sering kali menemukan sejumlah anak yang masih memiliki ketergantungan baik dalam cara berfikir, bersikap maupun bertindak. Ketergantungan itu umumnya dipengaruhi oleh tingkatan umur. Misalnya anak usia TK memiliki ketergantungan yang lebih tinggi di banding anak SD begitu seterusnya. Meskipun demikian, tidak jarang juga ditemukan anak pada tingkatan lebih tinggi ternyata memiliki ketergantungan lebih dibanding anak tingkatan di bawahnya. Masalah utamanya adalah masalah karakter dan lebih tepatnya tentang kemandirian. Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK Muslimat NU Nurul Ummah 01 Desa Brenggolo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, bagaimana cara pengembangan kemandirian siswa di TK Muslimat NU Nurul Ummah 01 Desa Brenggolo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kemandirian siswa di TK Muslimat NU Nurul Ummah 01 Desa Brenggolo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK Muslimat NU Nurul Ummah 01 Desa Brenggolo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, mendeskripsikan cara pengembangan kemandirian siswa di TK Muslimat NU Nurul Ummah 01 Desa Brenggolo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kemandirian siswa di TK Muslimat NU Nurul Ummah 01 Desa Brenggolo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini mengunakan pedekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan langkah-langkah analisis selama pengumpulan data dan analisis setelah pengumpulan data. Dari hasil penelitian implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kemandirian siswa di TK Muslimat NU Nurul Ummah 01 Desa Brenggolo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro dapat disimpulkan bahwa dalam praktek langsung dalam kegiatan khusus yakni dalam kegiatan shalat berjamaah, wudlu, makan bersama tanpa bantuan. Dalam Sholat dan wudlu siswa diajarkan mandiri dalam melipat celana dan baju, melepas sepatu dang ganti baju apabila basah kuyub, mempersiapkan dan menggunakan peralatan salat serta bertanggung jawab dalam mengemban tugas seperti tugas untuk menjadikan imam dan makmum dengan baik, serta makan minum sendiri tanpa meminta bantuan orang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kemandirian Siswa.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 20 Jun 2021 10:38
Last Modified: 26 Oct 2021 10:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Yusuf, Anas
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item
View Item