KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI RAUDLOTUL ATFHAL (RA) AL BALAGHUL HIDAYAH DESA NGABLAK KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

ALWIYAH, LILIK (2021) KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI RAUDLOTUL ATFHAL (RA) AL BALAGHUL HIDAYAH DESA NGABLAK KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Awalan .pdf] Text
Awalan .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Lampiran.pdf] Text
Daftar Pustaka_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan anak usia dini pembelajaran jarak jauh yang diterapkan adalah interaksi antara guru dan orang tua dalam menyiapkan kegiatan bermain bersama anak. Guru sebagai pelayan dalam menyiapkan dan mengarahkan kegiatan dan orangtua sebagai fasiltator dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dari rumah bersama anak. Selain menjadi fasilitator orang tua juga sebagai media pembelajaran bagi anak agar anak semakin tertarik dalam melaksanakan kegiatan yang diberikan olehguru. Dalam menunjang keberhasilan pembelajaran daring untuk anak usia dini harus terjalin komunikasi dua arah antara guru dan orang tua. Komunikasi aktif dan peran serta menjadi ujung tombak dalam tercapainya keberhasilan pembelajaran daring PAUD dimasa pandemi guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan pembelajaran dalam jaringan (Daring) pada anak usia dini di Roudlotul Atfhal (RA) Al Balaghul Hidayah Desa Ngablak Kec Dander Kab Bojonegoro sebagai layanan pendidikan dimasa tangga darurat covid-19. Data primer diperoleh melalui wawancara yang mendalam dengan subjek penelitian yang dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi sebagai proses awal analisis. Berdasarkan hasil identifikasi, kebijakan pembelajaran dalam jaringan selama pandemi Covid-19 di Roudlotul Atfhal (RA) Al Balaghul Hidayah dilakukan melaui tahapan tujuan, perencanaan, materi, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran dalam jaringan menggunakan aplikasi Whatsapp yang tergabung dalam Whatsapp Group kelas A. Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilaksanakan meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan teknik tampilan. Terakhir tahapan evaluasi pembelajaran daring yang berisi penilaian terhadap hasil kegiatan anak yang dikirim melalui video, foto, dan voicenote.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Covid-19
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 22 Apr 2022 04:11
Last Modified: 22 Apr 2022 04:15
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FIKRI, M. TSAQIBUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
KUSNA, SITI LABIBA
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item
View Item