AGUSTINA, TRIANI FAUZIATI (2021) IMPLEMENTASI KONSEP HUMANISME RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL ROSYID KENDAL DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (596kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (593kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (476kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (645kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (374kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (522kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Implementasi Konsep Humanisme Religius dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Rosyid Kendal Dander Bojonegoro.” Pokok masalah dijabarkan dalam beberapa pertanyaan penelitian, yaitu: (1) bagaimana implementasi konsep humanisme religius dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Rosyid Kendal Dander Bojonegoro? (2) apa saja faktor penghambat dan pendukung implementasi konsep humanisme religius dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Rosyid Kendal Dander Bojonegoro? (3) bagaimana upaya mengatasai hambatan implementasi konsep humanisme religius dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Rosyid Kendal Dander Bojonegoro? Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, waka kesiswaan, guru mata pelajaran akidah akhlak dan siswa atau santri. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu, teknik analisis data penelitian yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan serta pengujian keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi konsep humanismereligius telah berjalan sesuai dengan prosedur yang ada, yaitu guru menerapkan interaksi yang bermartabat, model pembelajaran yang interaktif, kreatif, inovatif, aktif dan menyenangkan.(2) faktor penghambat dan pendukung implementasi konsep humanisme religius dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) yaitu faktor eksternal dan internal. (3) upaya mengatasi hambatan implementasi konsep humanisme religius dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) yaitu: bimbingan konseling (BK), pembiasaan, pengawasan, dan pemberian reward dan punishment.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Humanisme Religius, Pembelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:06 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 03:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MA’ARIF, M. JAUHARUL UNSPECIFIED Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/744 |