NADHIROH, KHULIYYATUN (2021) SIKAP BERAGAMA DAN EMPATI DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH ABU DARRIN KENDAL DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER KHULIYYATUN NADHIROH .pdf
Download (43kB)
AWALAN KHULIYYATUN NADHIROH.pdf
Download (1MB)
BAB I KHULIYYATUN NADHIROH.pdf
Download (476kB)
BAB II KHULIYYATUN NADHIROH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (712kB) | Request a copy
BAB III KHULIYYATUN NADHIROH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB) | Request a copy
BAB IV KHULIYYATUN NADHIROH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (781kB) | Request a copy
BAB V KHULIYYATUN NADHIROH.pdf
Download (247kB)
LAMPIRANN KHULIYYATUN NADHIROH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perilaku prososial merupakan tindakan perilaku menolong dan membantu orang lain tanpa pamrih. Tindakan tersebut muncul pada siswa kelas XII di MA Abu Darrin yang dipengaruhi oleh sikap beragama dan empati. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sikap beragama dan empati dalam mengembangkan perilaku prososial siswa kelas XII di MA Abu Darrin Kendal Dander Bojonegoro. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap lima siswa kelas XII MA Abu Darrin dan juga lima Guru MA Abu Darrin. Observasi dilaksanakan terhadap aktivitas keagamaan dan perilaku siswa kelas XII MA Abu Darrin. Dokumentasi diambil dari hal-hal yang berkaitan dengan penelitan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah konsepsi dilihat dari kesadaran dan keilmuan yang dimiliki siswa dalam menjalankan kegiatan. Keteladanan lebih memberi arti dan memengaruhi daripada ucapan, maksudnya adalah siswa kelas XII lebih mudah mencerna ketika guru yang membawa ilmu tersebut dan memberikan contoh tingkah laku yang baik. Jadi dengan pemahaman keagamaan yang bagus secara otomatis siswa tersebut akan menumbuhkan perilaku yang baik pula, karena penopang pemahaman tersebut adalah ilmu agama. Sedangkan implementasi sikap beragama dan empati dalam pengembangan perilaku prososial siswa kelas XII dengan menyesuaikan penerapan pembiasaan-pembiasaan yang ada di Madrasah meliputi pembiasaan berdoa, membaca sholawat dan membaca Al-Quran secara bersama-sama, bagaimana adab siswa terhadap Guru, tenggang rasa kepada sesama. Sikap sosial siswa kelas XII meliputi membagikan masker saat pandemi, menjenguk dan merawat ketika temannya sedang sakit, mengumpulkan dana sosial untuk keluarga yang terkena musibah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Beragama, Empati, Perilaku Prososial |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:49 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI UNSPECIFIED Thesis advisor ANISAH, GIATI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/737 |