PENGARUH METODE BELAJAR DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQ

SAFITRI, NIA NOVIKA (2021) PENGARUH METODE BELAJAR DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQ. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (836kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode belajar daring merupakan salah satu metode yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, yang khususnya pada mata pelajaran fiqih. Dalam proses belajar memerlukan motivasi yang tinggi peserta didik dalam menuju kesuksesan belajar. Keberhasilan mencapai proses mengajar, selain disebabkan oleh faktor kemampuan siswa, motivasi yang tinggi dan keaktifan peserta didik dalam lingkungan belajar, guru juga harus memiliki kemampuan yang bisa mengembangkan berbagai keterampilan dalam mengajar. Pada pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah sangat membutuhkan adanya praktik. Dengan model pembelajaran daring, tentu saja siswa menjadi kesulitan dalam mengetahui bagaimana praktik – praktik ibadah yang benar. Namun, kebenaran argument ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode belajar daring mata pelajaran fiqih (2) Adakah pengaruh metode belajar daring terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dan (3) Seberapa besar pengaruh metode belajar daring terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode belajar daring mata pelajaran fiqih di MAN 5 Bojonegoro, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode belajar daring terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MAN 5 Bojonegoro dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode belajar daring terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MAN 5 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini subyek yang diteliti adalah Siswa kelas XI MAN 5 Bojonegoro yang berjumlah 160 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling yakni mengambil perwakilan dari kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 15% dari jumlah populasi, berarti 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penerapan metode daring di MAN 5 Bojonegoro dilakukan dengan mengkolaborasikan berbagai platform online, antaranya WhatsApp, Youtube, Google Form dan Zoom. Terdapat pengaruh antara metode belajar daring terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN 5 Bojonegoro, dibuktikan dengan kurangnya semangat siswa mengikuti pembelajaran daring. Dibuktikkan dari N=24, pada taraf 5% rxy>rt= 0,589>0,414 dan pada taraf signifikansi 1% r0>rt = 0,589>0,515.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode, Daring, Motivasi Belajar, Fiqih
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:36
Last Modified: 21 Apr 2022 03:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
UNSPECIFIED
Thesis advisor
SAHRI, SAHRI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item
View Item