IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA RAHMATULLAH BAURENO BOJONEGORO

AINI, NABILLA NUR (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA RAHMATULLAH BAURENO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (822kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Metode SQ3R merupakan metode pembelajaran yang mana dikonsep dalam bentuk pemberian sugestif positif kepada murid untuk membantu konsentrasi siswa dalam menemukan jawaban. Metode ini bisa membantu siswa untuk memfokuskan bagian- bagian yang tersulit dalam membaca, bila sebuah pertanyaan tidak dapat dijawab atau dimengerti, siswa bisa mengidentifikasi kesulitannya dan mendapatkan jawabannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Rahmatullah Baureno, 2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Rahmatullah Baureno. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif,dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik trianggulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, metode, dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah/madrasah, guru akidah akhlak dan siswa. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode SQ3R pada mata pelajaran akhlak dapat menjadi salah satu pilihan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Penerapan metode SQ3R dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Siswa yang menggunakan sistem pembelajaran metode SQ3R memiliki pemahaman yang luas dan lebih lama mengingat materi, dikarenakan sudah melaksanakan langkah-langkahnya dengan urut dan benar serta menjadikan siswa lebih aktif di kelas. Faktor pendukung metode SQ3R adalah siswa dapat terarah pada intisari yang ada dalam pembelajaran. Faktor penghambatnya kurangnya waktu dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, SQ3R, Akidah Akhlak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:39
Last Modified: 21 Apr 2022 03:39
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
UNSPECIFIED
Thesis advisor
ZUHRIYAH, Ainu
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item
View Item