PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TEKHNIQUE (VCT) BERBANTUAN GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKHLAK DI MTS AL MUSTHOFA KECAMATAN GRABAGAN-TUBAN

RIKAH, VERA (2024) PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TEKHNIQUE (VCT) BERBANTUAN GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKHLAK DI MTS AL MUSTHOFA KECAMATAN GRABAGAN-TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II (1).pdf] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III (1).pdf] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka (1).pdf] Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Model Value Clarification Technique (VCT) merupakan solusi dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan mata pembelajaran Akidah Akhlak terutama dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang masih rendah, terutama dalam nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang berpengaruh terhadap minat belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan berdampak pada hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah dan kurang. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Model VCT dapat diartikan sebagai model pengajaran untuk membantu siswa mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu persoalan melalui proses. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pre- eksperimental ini dengan tipe One-Group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan software IBM SPSS Statistics versi 29. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Al-Musthofa Kecamatan Grabagan Tuban. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan dimulai dari rata-rata nilai pre-test (61,5625) sedangkan post-test (86,2500), itu artinya terdapat kenaikan dan sekaligus dapat disimpulkan bahwa penerapan model VCT berbantuan google sites ini memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya hasil uji hipotesis Koefisien Determinan menggunakan SPSS versi 29 dengan R square (r2 ) sebesar 0,544 atau dengan nilai koefisien sebesar 54,4% dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulakan bahwa penerapan model VCT berbantuan google sites memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa Mts. Al-Musthofa Kecamatan Grabagan Tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Google sites, Hasil belajar, Model Value Clarification Technique.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: VERA RIKAH
Date Deposited: 03 May 2025 01:34
Last Modified: 03 May 2025 01:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Prana Izza, Yogi
NIDN0731127601
Thesis advisor
Badi' Rohmawati, Ulva
NIDN2108088801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7277

Actions (login required)

View Item
View Item