ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA DARUL ULUM NGLUMBER KEPOHBARU BOJONEGORO

HAKIM, THORIQ ABDUL (2025) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA DARUL ULUM NGLUMBER KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan suatu kurikulum yang memberikan kebebasan atau keleluasaan pendidik dalam menciptakan pembelajaran berkualitas yang dapat disesuaikan dengan peserta didik dengan mengedepankan penguatan profil pelajar Pancasila. dan problematika yang terjadi dalam penerapan kurikulum Merdeka yaitu guru PAI & BP masih kesulitan mengubah pola pikir kebiasaan sebelumnya dalam mengajar, masih terbawa dengan model pembelajaran K13. Penelitian ini mengambil fokus penelitian: 1) Bagaimana Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro? ? 2) Apa saja faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Kurikulum Merdeka Pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Darul Ulum Nglumber Kepohbaru Bojonegoro? Adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research). Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumberdata primer dalam penelitiann ini adalah Kepala Sekolah dan Guru PAI & BP. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah Profil SMA Darul Ulum Nglumber Kepohbaru dan Guru SMA Darul Ulum Nglumber Kepohbaru. Hasil data yang didapatkan berdasarkan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Kemudian dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh yaitu 1) Penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu di mulai dari perencanaan pembelajaran dengan membuat TP ATP dan Modul ajar, dilanjutkan pelaksanaan pembelajaran dengan pemilihan metode yang sesuai kebutuhan siswa, 2) Faktor Pendukung penerapan kurikulum merdeka di SMA Darul Ulum Nglumber yaitu Adanya partisipasi aktif dari guru dan sekolah dalam pengembangan kurikulum..

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan Kurikulum Merdeka di SMADU
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dara Nur Fadilla
Date Deposited: 24 Apr 2025 06:49
Last Modified: 24 Apr 2025 06:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
NIDN2109028601
Thesis advisor
NISA', IDA FAUZIATUN
NIDN2124129001
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7264

Actions (login required)

View Item
View Item