PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA

MU'MININ, MOCH. AMIRUL (2024) PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1_Cover.pdf] Text
1_Cover.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 2_Awalan.pdf] Text
2_Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3_Bab I.pdf] Text
3_Bab I.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 4_Bab II.pdf] Text
4_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 5_bab III.pdf] Text
5_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of 6_Bab IV.pdf] Text
6_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 7_Bab V.pdf] Text
7_Bab V.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 8_Daftar Pustaka.pdf] Text
8_Daftar Pustaka.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of 9_Lampiran.pdf] Text
9_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tingkat kedisiplinan siswa merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif. Namun, evaluasi dan pemantauan tingkat kedisiplinan secara manual dapat menjadi tugas yang kompleks dan memerlukan waktu yang signifikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma K-Means dalam pengelompokan tingkat kedisiplinan siswa, sehingga memudahkan pihak sekolah dalam memahami dan mengambil keputusan berbasis data. Dataset yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 125 data siswa yang mencakup 7 atribut: nama, jumlah mata pelajaran, nilai rapor, nilai keterampilan, nilai absensi, nilai absensi ekstrakurikuler, dan nilai absensi kegiatan keagamaan. Data ini dikumpulkan dari berbagai catatan sekolah dan diolah melalui proses pembersihan serta preprocessing untuk memastikan akurasi dan kesesuaian dalam analisis menggunakan algoritma K-Means. Sistem yang dikembangkan menyediakan antarmuka pengguna berupa halaman login, beranda, data siswa, data penilaian siswa, hasil clustering, dan halaman pengaturan. Implementasi algoritma K-Means menghasilkan pengelompokan siswa ke dalam beberapa cluster dengan karakteristik disiplin yang berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam mengidentifikasi pola kedisiplinan siswa serta menentukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kedisiplinan. Dengan pendekatan ini, pengelolaan kedisiplinan siswa dapat lebih efisien dan terorganisir, serta memanfaatkan teknologi untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih informatif dan berbasis data.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan siswa, K-Means, Pengelompokan, Data mining, Sistem informasi sekolah.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Moch. Amirul Mu'minin
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:30
Last Modified: 22 Apr 2025 03:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SANJAYA, UCTA PRADEMA
NIDN0729128903
Thesis advisor
SA'IDA, ITA ARISTIA
NIDN0708039104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7245

Actions (login required)

View Item
View Item