ANALISIS MANAJEMEN DIRI DAN PROFESIONALITAS PENDIDIK DI MA RAHMATULLAH TULUNGAGUNG DAN MA DARUL ULUM PASINAN BAURENO BOJONEGORO

NI`MAH, INTAMIN (2024) ANALISIS MANAJEMEN DIRI DAN PROFESIONALITAS PENDIDIK DI MA RAHMATULLAH TULUNGAGUNG DAN MA DARUL ULUM PASINAN BAURENO BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen diri adalah kemampuan individu untuk mengelola waktu, cara berfikir dan emosi secara optimal yang menjadi faktor penting dalam profesionalitas pendidik. Dengan manajemen diri yang baik, pendidik dapat bekerja secara efisien, terus berkembang dalam kompetensi dan mengatasi stres. Hal ini berdampak pada kualitas pengajaran serta penciptaan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Di Madrasah Aliyah, lembaga pendidikan Islam yang mengintegrasikan pengajaran agama dan ilmu pengetahuan umum, profesionalitas pendidik memiliki peran strategis dalam membangun karakter siswa dan memenuhi standar profesionalisme sesuai Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010. Penelitian ini berfokus pada analisis penerapan manajemen diri oleh pendidik dan profesionalitas mereka di Madrasah Aliyah Rahmatullah Tulungagung dan Madrasah Aliyah Darul Ulum Pasinan Baureno Bojonegoro. Mengeksplorasi tiga aspek utama manajemen diri, yaitu manajemen waktu, pengelolaan cara berpikir, dan pengendalian emosi, juga untuk memahami bagaimana pendidik di kedua madrasah tersebut menerapkan konsep manajemen diri dalam keseharian mereka dan dampaknya terhadap kualitas pengajaran. Ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam di Madrasah Aliyah Rahmatullah Tulungagung dan Madrasah Aliyah Darul Ulum Pasinan Baureno Bojonegoro. Observasi dilakukan untuk memahami perilaku pendidik dalam manajemen waktu, pengelolaan cara berpikir, dan pengendalian emosi. Wawancara mendalam dilakukan untuk menggali konsep dan penerapan manajemen diri oleh pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen diri memberikan dampak yang sangat positif terhadap peningkatan profesionalitas pendidik. Pendidik yang memiliki kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik, berpikir secara terstruktur dan sistematis, serta mampu mengendalikan emosi secara efektif, cenderung menunjukkan kinerja yang lebih optimal, produktif, dan sesuai dengan indikator profesionalisme yang telah ditetapkan. Dengan menguasai manajemen diri, para pendidik tidak hanya dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara efisien, tetapi juga mampu terus berkembang dalam kompetensi mereka, mengatasi berbagai tantangan, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Oleh karena itu, manajemen diri menjadi salah satu fondasi utama yang mendukung dan memperkuat profesionalitas pendidik.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Diri, Pendidik, Profesionalitas
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd Intamin Ni'mah
Date Deposited: 19 Apr 2025 01:52
Last Modified: 19 Apr 2025 01:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7168

Actions (login required)

View Item
View Item