MODEL MEANINGFUL LEARNING DALAM MENINGKATKAN RETENSI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 DAN MAN 2 BOJONEGORO

Wijiyanti, Wiwin (2024) MODEL MEANINGFUL LEARNING DALAM MENINGKATKAN RETENSI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 DAN MAN 2 BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)

Abstract

Sejarah Kebudayaan Islam merapakan salah satu mata pelajaran wajib di Madrasah Aliyah. Menguasai materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakanhal yang sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan siswa. Sebagian siswa mengganggap materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sangat mudah, namun ada juga siswa yang mengalami kesulitan. Salah satu kesulitan yang dialami siswa adalah kesulitan dalam mengingat materi yang telah disampaikan oleh guru.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini yaitu pada MAN 1 dan MAN 2 Bojonegoro. Sementara, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sementara teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Data Multisitus, Pengumpulan data, serta Kondensasi Data. Sementara dalam pengecekan keabsahan temuan peneliti menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi model pembelajaran meaningful learning di MAN 1 dan MAN 2 Bojonegoro untuk meningkatkan retensi belajar siswa melalui penghubungan materi dengan pengalaman nyata. MAN 2 berfokus pada optimalisasi kinerja otak melalui pendekatan terstruktur, sementara MAN 1 menggunakan peta konsep dan diskusi kelompok untuk mengaitkan materi dengan pengalaman siswa. Strategi meaningful learning melibatkan tiga fase: (1) Presentation of Advance Organizer, dimana guru di MAN
2 memberikan gambaran umum topik, sedangkan di MAN 1 mengarahkan siswa dengan pengantar yang jelas; (2) Presentation of Learning Task or Material, dimana guru di MAN 2 menggunakan diskusi kelas untuk meninjau pengetahuan
awal, sementara di MAN 1 menerapkan tanya jawab interaktif; (3) Strengthening Cognitive Organization, dimana guru di MAN 2 memberikan referensi tambahan, sedangkan di MAN 1 menyarankan artikel dan video dokumenter, serta melibatkan
siswa dalam diskusi untuk menyimpulkan materi. Model ini efektif meningkatkan keterlibatan siswa meski menghadapi tantangan dalam mengaktifkan siswa pasif.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Meaningful learning, Retensi belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wiwin Wijiyanti
Date Deposited: 17 Apr 2025 03:16
Last Modified: 17 Apr 2025 03:16
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
Burhanudin, Hamam
NIDN2109028601
UNSPECIFIED
Solahuddin, Agus Moh
NIDN0710089104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7158

Actions (login required)

View Item
View Item