PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL-HIDAYAH KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO

AGUSTINA, ERNA (2014) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL-HIDAYAH KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER DAN ABSTRAK.pdf] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of BAB 1 .pdf] Text
BAB 1 .pdf

Download (257kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3 .pdf] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Upaya pengembangn strategi pembelajaran di Kelompok Bermain Al-Hidayah Mu’alin-Mu’alimat اberbeda اdengan اMadrasah اAliyah اpada اumumnya. اOlehاkarenaا itu dalam kesempatan kali ini penulis akan membahasnya dengan judul “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pai Bagi Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Al-Hidayah Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro”. Penerapan strategi belajar aktif merupakan strategi belajar mengajar yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam dan untuk mencapai ketrlibatan siswa secara efektif dan efesien dalam belajar. Berpijak pada latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini meliput: (1) Bagaimana strategi pengembangan pembelajaran PAI bagi anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Hidayah Sukosewu Bojonegoro? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam Strategi pengembangan pembelajaran di Kelompok Bermain Al-Hidayah Sukosewu Bojonegoro? Penelitian ini dianalisis secara diskriptif kualitatif, atau menggunakan beberapa argumentasi wawancara dari sebagian yang berpengaruh pada suatu lembaga. Adapun kesimpulan yang dapat peneliti simpulkan dari pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut: (1) Kelompok Bermain Al Hidayah dalam perkembangannya mulai berdiri sampai sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat, ini tidak lepas dari usaha bersama untuk memajukan Kelompok Bermain Al Hidayah. (2) Pengembangan strategi pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain Al Hidayah, dilakukan dengan dua cara, yaitu: a) Secara kuantitatif, yakni penambahan mutu pelajaran pada pendidikan agama Islam atau kurikulum lokal. b) Secara kualitatif, yaitu pengembangan kurikulum lokal untuk mencapai tujuan Madrasah. (3) Faktor pendukung dalam Pengembangan strategi pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain Al Hidayah, adalah sebagai berikut: a). Lingkungan Kelompok Bermain Al Hidayah. b). Tersedianya sarana dan prasarana. c). Adanya dukungan dari semua elemen Kelompok Bermain Al Hidayah. d). Kualitas tenaga pengajar yang profesional. Adapun faktor penghambatnya adalah: a) sarana dan prasarana yang terbatas, b) Terlalu saratnya materi muatan local disbanding dengan alokasi waktu yang tersedia, c) kekurang aktifan siswa yang secara maksimal dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 25 Jun 2021 08:07
Last Modified: 26 Oct 2021 22:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Masjkur, M.
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item
View Item