SISWANTO, SISWANTO (2021) PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI TERKAIT PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTS WALISONGO SUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
AWAL Skripsi SISWANTO.pdf
Download (3MB)
Skripsi Siswanto BAB I.pdf
Download (2MB)
Skripsi Siswanto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Skripsi Siswanto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Skripsi Siswanto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
Skripsi Siswanto BAB V.pdf
Download (557kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (925kB)
Abstract
Intensitas interaksi guru dan siswa adalah ukuran atau tingkat kedalaman hubungan timbal balik antara guru dan siswa yang berada dalam suatu proses belajar mengajar, dimana guru sebagai pendidik dan siswa sebagai siswa. Whatsapp adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (Smartphone) lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan, melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain tanpa biaya SMS baik secara pribadi maupun dalam suatu grup. Minat belajar adalah kecendrungan siswa terhadap aspek belajar. Keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu diantaranya yaitu minat belajar peserta didik. Menggunaan media seperti halnya media whatsapp dalam proses pembelajaran adalah salah satu upaya untuk menarik minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Minat belajar siswa di MTs Walisongo Sugihwaras Bojonegoro. 2) Intensitas interaksi terkait pembelajaran melalui whatsapp di MTs Walisongo Sugihwaras Bojonegoro. 3) Pengaruh intensitas interaksi terkait pembelajaran melalui whatsapp terhadap minat belajar siswa di MTs Walisongo Sugihwaras Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan teknik statistik, yaitu korelasi product moment.. Sampel penelitian, yaitu 83 siswa kelas VIII MTs Walisongo Sugihwaras Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang kuat antara intensitas interaksi terkait pembelajaran melalui whatsapp terhadap minat belajar siswa di MTs Walisongo Sugihwaras Bojonegoro, dengan angka korelasi antara variabel X dan variabel Y bertanda positif dengan besarnya rxy yang diperoleh yaitu sebesar 0,683 adalah jauh lebih tinggi daripada "r" tabel yang besarnya 0.213 dan 0.278. d, maka hipotesis Nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas interaksi, whatsapp, minat belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 06:42 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 06:42 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ANISAH, GIATI UNSPECIFIED Thesis advisor CAHYANINGRUM, VESTI DWI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/705 |