NISAK, KHASANATIN (2024) PENERAPAN BATIK BOJONEGORO MOTIF SEKAR JATI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BATIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA KEGIATAN P5 DI RA MAMBA’UL HUDA NGRASEH DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover (1).pdf
Download (138kB)
AWALAN (3).pdf
Download (1MB)
bab 1.pdf
Download (3MB)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
bab 5.pdf
Download (793kB)
daftar pustaka.pdf
Download (1MB)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran metode pembuatan batik ini di lakukan sebab belum adanya pembelajaran yang melatih motorik di RA Mambaul Huda desa Ngraseh. Media pembelajaran yang melatih motorik anak terlebih lagi anak diusia dini sangatlah penting agar murid di RA Mambaul Huda mampu berkembang nalar dan berfikirnya. Selain itu belum adanya juga panduan serta bahan ajar pembelajaran motorik di lokasi tersebut. Sehingga pentingnya penelitian ini dilakukan dengan Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil media pembelajaran dengan penerapan batik motif sekar jati pada anak usia dini di RA Mamba’ul Huda Ngraseh dander bojonegoro.Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Kuantitatif Onegrup postes, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid di RA Mamba’ul Huda Ngraseh dander bojonegoro sedangkan sampel yang dipilih ialah kelas B dengan jumlah 15 murid , teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui data primer dengan wawancara dan dokumentasi serta berpacu pada jurnal referensi yang relevan. Hasil penelitian ini menemukan Penerapan pembelajaran batik sekar jati bojonegoro ini berdampak pada peningkatan yang signifikan, sebagaimana terdapat di lihat dari nilai yang dicapai oleh anak-anak yang ada di RA Mamba’ul Huda Ngraseh. Berada pada kategori awal mulai berkembang dan presentase yang dicapai masih 20%. Dan pencapaian nilai presentase tertinggi berpresentase 80%, sehingga dengan hasil yang diperoleh pada dikategorikan anak mampu berkembangan dengan pesat dengan hasil yang memuaskan. Penerapan pembelajaran menggunakan media batik sekar jati bojonegoro terdiri dari tiga tahapan. Tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan pembelajaran membatik ini yang dikhususkan pada anak usia dini dengan usia 5-6 tahun. Dengan ketiga tahapan tersebut, mampu melatih dan mengembangkan daya nalar dan fikir anak serta di buktikan dengan kenaikan hasil capaian yang telah di harapkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Penerapan Pembelajaran Batik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Khasanatin Nisak |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 06:56 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 06:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KUSNA, SITI LABIBA NIDN2120018702 Thesis advisor PUSPITASARI, ENDANG NIDN0720079302 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6949 |