ZAHROH, FATIMATUS (2024) URGENSI KOMPETENSI GURU PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIQIH DI SMP NU MODEL SUMBERREJO DAN MTS AL HIKMAH SUMBERWANGI KANOR. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (329kB)
AWALAN.pdf
Download (908kB)
BAB 1.pdf
Download (255kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB) | Request a copy
BAB 6.pdf
Download (520kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (527kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Seorang guru adalah pendidik profesional yang tugas utamanya adalah mendidik, membimbing, mengajar, menilai, melatih, dan mengevaluasi peserta didik mulai dari pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan formal. kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang akan didapatkan jika mengikuti pendidikan profesi. pendidikan di Indonesia hanya menempati peringkat ke-10 dari 14 negara berkembang. Sedangkan komponen penting dalam pendidikan yaitu guru menempati urutan ke-14 dari 14 negara berkembang. Standar kompetensi guru adalah ukuran untuk mendapatkan pendidik yang baik dan profesional, yang memiliki kompetensi untuk melaksanakan fungsi dan tujuan sekolah pada khususnya serta tujuan pendidikan pada umumnya. Dengan hadirnya guru yang kompeten maka tentunya akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Dan akan lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada.
Guru mampu melaksanakan pembelajaran di kelas dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sehingga peserta didik mampu dan menguasai meteri yang diberikan. Pembelajaran di kelas akan berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuat oleh guru sehingga dibutuhkan guru yang kompeten dalam melaksanakan pembelajaran. Khusunya dalam mata Pelajaran fiqih keempat kompetensi guru sebagai penunjang agar pembelajaran lebih berkualitas. Mata pelajaran fiqih memiliki peran yang cukup penting. Salah satu peran utamanya adalah menyiapkan peserta didik agar menjadi individu yang menjalankan agama dengan taat. Selain itu, pelajaran fiqh juga bertujuan untuk memastikan bahwa peserta didik memahami dan menerapkan ajaran agama Islam dengan benar. Melalui pembelajaran fiqh, siswa dapat mengenal hukum-hukum Islam dan tata cara pelaksanaan ibadah dengan benar, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk menjadi individu yang beragama dan taat dalam menjalankan ajaran agama. Guru harus memiliki empat kompetensi dasar pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional karena mereka berperan penting dalam menentukan kemajuan pendidikan. Guru harus mampu mengelola pembelajaran secara optimal, peka terhadap tanda-tanda zaman, memiliki wawasan yang luas dan berpikiran maju, berakhlak mulia dan peduli terhadap sesama, menguasai teknologi, dan selalu belajar.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi guru, Kurikulum Merdeka, Kualitas Pembelajaran. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fatimatus Zahro |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 08:04 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:04 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri NIDN2110027101 Thesis advisor Ulfa, - NIDN2121067401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6892 |