Nikmah, Lailatus Shofiyatun (2021) EFEKTIVITAS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (307kB)
HALAMAN AWAL.pdf
Download (659kB)
BAB I.pdf
Download (515kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (610kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (754kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (266kB)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan. Sistem pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan 100 persen di sekolah mengalami perubahan yakni menjadi pembelajaran online. SMPN 1 Dander merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran online khususnya mata pelajaran PAI menggunakan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran. Google classroom merupakan platform pembelajaran dengan menawarkan berbagai macam fitur-fitur. Aspek materi pelajaran PAI di SMP meliputi aspek aqidah, keibadahan, keimanan dan aqidah. Dari permasalahan tersebut peneliti mengadakan penelitian terkait efektivitas aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dander. Skripsi ini hendak menjawab dari rumusan masalah mengenai: 1. Penerapan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dander, 2. Efektivitas aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dander. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik wawancara dengan mewawancarai beberapa informan yaitu kepala sekolah SMPN 1 Dander, waka kurikulum, guru PAI, serta siswa SMPN 1 Dander, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Pada teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, data display (penyajian data), penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Penerapan pembelajaran online pada mata pelajaran PAI menggunakan google classroom di SMPN 1 Dander disesuaikan dengan prosedur pembelajaran konvensional seperti penyiapan RPP, silabus, serta jadwal pengajaran; 2. Efektivitas penggunaan google classroom pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dander kurang efektif sebab guru saat menyajikan materi hanya verbalis, sehingga tidak memanfaatkan fitur-fitur google classroom. Hal ini menyebabkan siswa kurang memiliki rasa keminatan untuk belajar. Penyajian materi yang monoton menyebabkan antusiasme siswa jarang mengikuti kegiatan pembelajaran online, komunikasi antara siswa dengan guru tidak terjadi secara intens, serta minimnya penguasaan siswa dalam penggunaan google classroom sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Google Classroom, Media Pembelajaran Online |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 02:35 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 02:35 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Azizah, Imroatul UNSPECIFIED Thesis advisor Sa'ida, Ita Aristia UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/689 |