EFEKTIVITAS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

Nikmah, Lailatus Shofiyatun (2021) EFEKTIVITAS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan. Sistem pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan 100 persen di sekolah mengalami perubahan yakni menjadi pembelajaran online. SMPN 1 Dander merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran online khususnya mata pelajaran PAI menggunakan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran. Google classroom merupakan platform pembelajaran dengan menawarkan berbagai macam fitur-fitur. Aspek materi pelajaran PAI di SMP meliputi aspek aqidah, keibadahan, keimanan dan aqidah. Dari permasalahan tersebut peneliti mengadakan penelitian terkait efektivitas aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dander. Skripsi ini hendak menjawab dari rumusan masalah mengenai: 1. Penerapan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dander, 2. Efektivitas aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dander. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik wawancara dengan mewawancarai beberapa informan yaitu kepala sekolah SMPN 1 Dander, waka kurikulum, guru PAI, serta siswa SMPN 1 Dander, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Pada teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, data display (penyajian data), penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Penerapan pembelajaran online pada mata pelajaran PAI menggunakan google classroom di SMPN 1 Dander disesuaikan dengan prosedur pembelajaran konvensional seperti penyiapan RPP, silabus, serta jadwal pengajaran; 2. Efektivitas penggunaan google classroom pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dander kurang efektif sebab guru saat menyajikan materi hanya verbalis, sehingga tidak memanfaatkan fitur-fitur google classroom. Hal ini menyebabkan siswa kurang memiliki rasa keminatan untuk belajar. Penyajian materi yang monoton menyebabkan antusiasme siswa jarang mengikuti kegiatan pembelajaran online, komunikasi antara siswa dengan guru tidak terjadi secara intens, serta minimnya penguasaan siswa dalam penggunaan google classroom sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Google Classroom, Media Pembelajaran Online
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:35
Last Modified: 19 Apr 2022 02:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Azizah, Imroatul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sa'ida, Ita Aristia
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item
View Item