PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN DI ERA PANDEMI COVID 19 MI AL ROSYID NGUMPAKDALEM KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

MUZAYANAH, LULUK AITUL (2021) PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN DI ERA PANDEMI COVID 19 MI AL ROSYID NGUMPAKDALEM KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (973kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia ini berada dalam tahap gawat darurat dimana adanya Pandemi Covid 19 pembelajaran yang dulunya formal dilakukan secara konvensional di sekolah sekarang berubah harus dilakukan dirumah. Pembelajaran di rumah (Study from home) sangatlah menambah beban dan tanggung jawab bagi orang tua atau keluarga untuk semakin terlibat dalam pendidikan anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran keluarga peserta didik dalam menerapkan pembelajaran di era pandemi Covid 19, untuk mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung peran keluarga peserta didik dalam menerapkan pembelajaran di era pandemi covid 19, untuk mendiskripsikan problem yang terjadi saat pembelajaran di era pandemi covid 19 MI Al Rosyid Ngumpakdalem Dander Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan Metode Deskriptif. Dimana penelitian kualitatif dimaksudkan bahwa dalam melakukan penelitian ini peneliti berpedoman dengan cara kerja penilaian subjektif nonstatistik atau non matematis Yang mencangkup 3 Teknik : (1) Wawancara (2) Dokumentasi (3) Observasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum peran yang muncul adalah sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, pengembang dan pengawas. Secara khusus peran yang mucul yaitu : Menjamin kehidupan emosional anak, Menanamkan dasar pendidikan moral, Menjaga dan memastikan anak untuk menerapkan hidup bersih dan sehat, Mendampingi anak dalam belajar via WA (Daring), Melakukan kegiatan bersama selama dirumah, Menciptakan lingkungan yang nyaman untuk belajar, Menjalin komunikasi yang intens dengan anak, Bermain bersama anak, Menjadi role model bagi anak, Membimbing dan memberi motivasi kepada anak, Melakukan variasi dan inovasi kegiatan dirumah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Peranan, Keluarga, Era Pandemi Covid 19
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:06
Last Modified: 18 Apr 2022 07:06
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HABIBULLAH, M.ROMADLON
UNSPECIFIED
Thesis advisor
AMRETA, MIDYA YULI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item
View Item