UPAYA PENINGKATAN KELINCAHAN MELALUI PERMAINAN HALANG RINTANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KABUNAN

FADLILA, M. DANIS MAHBUB (2024) UPAYA PENINGKATAN KELINCAHAN MELALUI PERMAINAN HALANG RINTANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KABUNAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kelincahan merupakan kapasitas tubuh untuk mengubah arah secepat mungkin untuk mengubah posisi tubuh. Hasil observasi berupa pra tindakan menyatakan bahwa siswa masih kurang lincah, dimana siswa mengalami kesulitan dalam mengontrol gerakan anggota tubuhnya sehingga saat siswa melakukan suatu gerakan, siswa terlihat ragu-ragu dan canggung untuk melakukannya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kelincahan melalui permainan halang rintang pada siswa kelas V SD Negeri Kabunan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK (classroom action research). Indikator keberhasilan penelitian tindakan ini adalah apabila terjadi peningkatan dalam proses pembelajaran pada kelincahan gerak siswa dibandingkan dengan sebelum diadakan tindakan penelitian kelas.
Dari data yang diperoleh, dapat diketahui hasil pencapaian belajar siswa sebelum adanya suatu tindakan berkaitan dengan motorik kasar khususnya kelincahan siswa pada kriteria belum baik sebanyak 1 dari 17 siswa atau 6%, selanjutnya siswa dengan kriteria kurang baik sebanyak 13 dari 17 siswa atau 76%, siswa pada kriteria baik sebanyak 3 dari 17 siswa atau 18%, dan siswa pada kriteria sangat baik sebanyak 0 dari 17 siswa atau 0% . Setelah diadakan tindakan pada siklus I kelincahan siswa mengalami peningkatan yaitu siswa pada kriteria belum baik sebanyak 0 dari 17 siswa atau 0%, selanjutnya siswa dengan kriteria kurang baik sebanyak 12 dari 17 siswa atau 71 %, siswa pada kriteria baik sebanyak 4 dari 17 siswa atau 23%, dan siswa pada kriteria sangat baik sebanyak 1 dari 17 siswa atau 6% . Pada siklus II kelincahan siswa dengan kriteria belum baik sudah tidak ada lagi dari 17 siswa atau 0%, selanjutnya siswa dengan kriteria kurang baik juga menurun menjadi 0 dari 17 siswa atau 0% , siswa pada kriteria baik meningkat sebanyak 7 dari 17 siswa atau 41 %, dan siswa pada kriteria sangat baik meningkat menjadi 10 dari 17 siswa atau 59 %. Dengan kalkulasi peningkatan kelincahan siswa sebesar 86% yaitu pada kriteria baik dan sangat baik.
Dapat disimpulkan bahwa dari hasil pengamatan yang dilakukan sebelum tindakan, siklus I, hingga siklus II melalui aktivitas bermain halang rintang dapat meningkatkan kelincahan siswa siswa kelas V di SD Negeri Kabunan. Hal ini sesuai dengan data yang diperoleh pada siklus I dan II. Untuk itu peneliti menganggap bahwa hasil tindakan pada siklus II ini telah sesuai dengan hipotesis yan diajukan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Halang Rintang, Kelincahan, PTK
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: M. Danis Mahbub Fadlila
Date Deposited: 19 Oct 2024 04:25
Last Modified: 19 Oct 2024 04:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
RAMADHAN, NURMAN
NIDN0726039102
Thesis advisor
APRIYANTO, ROHMAD
NIDN0704048703
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6867

Actions (login required)

View Item
View Item