ANALISIS PROBLEMATIKA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM PENERARAPAN KURIKULUM MERDEKA DI MA ABU DARRIN BOJONEGORO TAHUN 2024

DIANA, ULFIA NUR (2024) ANALISIS PROBLEMATIKA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM PENERARAPAN KURIKULUM MERDEKA DI MA ABU DARRIN BOJONEGORO TAHUN 2024. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (832kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Problematika merupakan kendala atau permasalahan yang belum dapat dipecahkan sehingga untuk mencapai tujuan menjadi terhambat dan tidak maksimal. Di MA Abu Darrin Bojonegoro masih terdapat beberapa hambatan yang dihadapi guru Al-Qur’an Hadis dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dipembelajaran Al-Qur’am Hadis dikelas X pada tahun 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan, mengidentifikasi problematika serta menjelaskan usaha yang dilakukan guru dalam menghadapi problematika penerapan Kurikulum Merdeka pada mata Al-Qur’an Hadis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis ini dilaksanakan melalui tiga tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (2) Hambatan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Abu Darrin Bojonegoro tahun 2024 dalam penerapan dari Kurikulum Merdeka adalah: guru kesulitan dalam membuat perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka yaitu ketika melakukan analisis dari CP untuk kemudian dibuat TP dan ATP, dan juga membuat modul ajar, Penggunaan metode pembelajaran yang kurang variatif yang digunakan dalam penerapan Kurikulum Merdeka yaitu guru lebih banyak menggunakan metode ceramah serta minimnya referensi contoh dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika, Penerapan, Kurikulum Merdeka, Al-Qur’an hadis
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ULFIA NUR DIANA
Date Deposited: 19 Oct 2024 02:09
Last Modified: 19 Oct 2024 02:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
NIDN2109028601
Thesis advisor
Nisa', Ida Fauziatun
NIDN2124129001
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6847

Actions (login required)

View Item
View Item