INTERNALISASI NILAI KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA DALAM P5 TEMA KEARIFAN LOKAL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 05 BOJONEGORO

QULUB, SYIFAUL (2024) INTERNALISASI NILAI KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA DALAM P5 TEMA KEARIFAN LOKAL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 05 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA..pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (714kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginternalisasi nilai karakter toleransi dalam P5 dengan tema kearifan lokal untuk menumbuhkan karakter toleran pada siswa. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya Pendidikan karakter dalam kurikulum Pendidikan untuk mengatasi masalah intoleransi yang terjadi pada kalangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer (kepala madrasah, guru, siswa) dan sekunder (dokumen institusi). Sedangkan metode pengumpulan data di peroleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengikuti konsep Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P5 dengan tema kearifan lokal untuk menumbuhkan karakter toleran pada siswa melalui berbagai kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai lokal. Tidak hanya dalam kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai lokal dalam proses internalisasi nilai karakter toleransi namun juga dalam berbagai kegiatan sosial dan dalam pembelajaran baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Siswa belajar untuk saling menghargai dan menghormati. Implementasi P5 ini juga didukung oleh peran aktif para guru dan para siswa yang turut memperkuat nilai-nilai toleransi di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: internalisasi nilai, karakter toleransi, P5, kearifan lokal
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SYIFAUL QULUB
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:50
Last Modified: 04 Oct 2024 01:50
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
NIDN2124028403
Thesis advisor
ROZI, FAHRU
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item
View Item