QULUB, SYIFAUL (2024) INTERNALISASI NILAI KARAKTER TOLERANSI BERAGAMA DALAM P5 TEMA KEARIFAN LOKAL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 05 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (183kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (596kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (845kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (639kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (857kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (610kB)
DAFTAR PUSTAKA..pdf
Download (714kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginternalisasi nilai karakter toleransi dalam P5 dengan tema kearifan lokal untuk menumbuhkan karakter toleran pada siswa. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya Pendidikan karakter dalam kurikulum Pendidikan untuk mengatasi masalah intoleransi yang terjadi pada kalangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer (kepala madrasah, guru, siswa) dan sekunder (dokumen institusi). Sedangkan metode pengumpulan data di peroleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengikuti konsep Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P5 dengan tema kearifan lokal untuk menumbuhkan karakter toleran pada siswa melalui berbagai kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai lokal. Tidak hanya dalam kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai lokal dalam proses internalisasi nilai karakter toleransi namun juga dalam berbagai kegiatan sosial dan dalam pembelajaran baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Siswa belajar untuk saling menghargai dan menghormati. Implementasi P5 ini juga didukung oleh peran aktif para guru dan para siswa yang turut memperkuat nilai-nilai toleransi di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | internalisasi nilai, karakter toleransi, P5, kearifan lokal |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SYIFAUL QULUB |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 01:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 01:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NIHAYAH, HAMIDATUN NIDN2124028403 Thesis advisor ROZI, FAHRU NIDN2125048401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6822 |