RAHMAWATI, GALIH MEI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME SIANIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (324kB)
Awalan.pdf.pdf
Download (990kB)
BAB I.pdf.pdf
Download (673kB)
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (625kB) | Request a copy
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (755kB) | Request a copy
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf.pdf
Download (475kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf
Download (477kB)
Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran adalah jenis kinerja guru untuk membantu peserta didik dalam memperoleh pengetahuan dan membentuk sikap dan keyakinan. Dalam suatu pembelajaran guru dapat menggunakan media yang disesuaikan dengan lingkungan mengajarnya agar dapat memudahkan menyampaikan materi dan mencapai hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Fasilitas- fasilitas yang tidak memadai menyebabkan pendidik harus menuangkan kreatifitas dalam pembelajaran. MTs. Salafiyah Syafi'iyah adalah salah satu sekolah yang masih memiliki 1 LCD Proyektor sehingga membutuhkan media pembelajaran yang tidak menggunakan teknologi. Media pembelajaran kartu SIANIS merupakan media pembelajaran berupa game edukasi kartu domino modifikasi yang diterapkan pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Media pembelajaran ini terdiri dari 28 kartu dengan cara bermainnya menyusun kartu hingga saling menyambung dan membentuk lingkaran. Tujuan pengembangan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan media pembelajaran kartu SIANIS pada mata pelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pengembangan media pembelajaran diterapkan pada kelas VII MTs. Salafiyah Syafi’iya Sukosewu.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE, Model ADDIE dipilih karena menggunakan metode sistem yang membagi proses perencanaan pembelajaran menjadi langkah-langkah yang logis. Model ADDIE mengikuti lima tahap pengembangan, meliputi analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), serta evaluasi (evaluation).
Hasil pengembangan media pembelajaran kartu SIANIS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs. Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu. Sebelum diterapkan media pembelajaran peserta didik diberikan pretest dengan hasil rata-rata 67% kemudian setelah menerapkan kartu SIANIS dalam pembelajaran Akidah Akhlak peserta didik diberikan posttest dengan hasil rata-rata 94%. Dengan adanya hal tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran kartu SIANIS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs. Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Kartu SIANIS, Media Pembelajaran |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Galih Mei Rahmawati |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:04 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:04 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AZIZ, SU'UDIN NIDN2121128602 Thesis advisor KHOIRIYAH, SITI NIDN0721099501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6820 |