PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME SIANIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII

RAHMAWATI, GALIH MEI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME SIANIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of Awalan.pdf.pdf] Text
Awalan.pdf.pdf

Download (990kB)
[thumbnail of BAB I.pdf.pdf] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of BAB II.pdf.pdf] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf.pdf] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf.pdf] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf.pdf] Text
BAB V.pdf.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf.pdf] Text
Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran adalah jenis kinerja guru untuk membantu peserta didik dalam memperoleh pengetahuan dan membentuk sikap dan keyakinan. Dalam suatu pembelajaran guru dapat menggunakan media yang disesuaikan dengan lingkungan mengajarnya agar dapat memudahkan menyampaikan materi dan mencapai hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Fasilitas- fasilitas yang tidak memadai menyebabkan pendidik harus menuangkan kreatifitas dalam pembelajaran. MTs. Salafiyah Syafi'iyah adalah salah satu sekolah yang masih memiliki 1 LCD Proyektor sehingga membutuhkan media pembelajaran yang tidak menggunakan teknologi. Media pembelajaran kartu SIANIS merupakan media pembelajaran berupa game edukasi kartu domino modifikasi yang diterapkan pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Media pembelajaran ini terdiri dari 28 kartu dengan cara bermainnya menyusun kartu hingga saling menyambung dan membentuk lingkaran. Tujuan pengembangan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan media pembelajaran kartu SIANIS pada mata pelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pengembangan media pembelajaran diterapkan pada kelas VII MTs. Salafiyah Syafi’iya Sukosewu.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE, Model ADDIE dipilih karena menggunakan metode sistem yang membagi proses perencanaan pembelajaran menjadi langkah-langkah yang logis. Model ADDIE mengikuti lima tahap pengembangan, meliputi analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), serta evaluasi (evaluation).
Hasil pengembangan media pembelajaran kartu SIANIS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs. Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu. Sebelum diterapkan media pembelajaran peserta didik diberikan pretest dengan hasil rata-rata 67% kemudian setelah menerapkan kartu SIANIS dalam pembelajaran Akidah Akhlak peserta didik diberikan posttest dengan hasil rata-rata 94%. Dengan adanya hal tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran kartu SIANIS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs. Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kartu SIANIS, Media Pembelajaran
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Galih Mei Rahmawati
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:04
Last Modified: 01 Oct 2024 02:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
NIDN2121128602
Thesis advisor
KHOIRIYAH, SITI
NIDN0721099501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6820

Actions (login required)

View Item
View Item