NOVITA, DEWI (2024) PENGARUH PERMAINAN KARTU DONGENG DALAM MENSTIMULASI KARAKTER JUJUR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA TARBIYATUS SIBYAN BRANGKAL KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. cover.pdf
Download (264kB)
2. awalan.pdf
Download (1MB)
3. BAB I.pdf
Download (746kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (860kB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (827kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (973kB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (239kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (556kB)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kejujuran merupakan salah satu aspek penting dari perkembangan karakter anak yang perlu dibentuk sejak dini. Kejujuran merupakan salah satu karakter yang mendesak untuk diwujudkan pada anak usia dini yang berperan dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Oleh karena itu penting kiranya bahwa pendidikan karakter merupakan kunci sukes seseorang dan harus dibiasakan sejak dini.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-postest. Penelitian ini melibatkan 22 anak yang terdaftar di RA Tarbiyatus Sibyan sebagai subjek penelitian.Permainan kartu dongeng dirancang khusus untuk mengintegrasikan nilai-nilai kejujuran dalam cerita-cerita yang disampaikan melalui kartu. Anak-anak diajak untuk berpartisipasi dalam permainan yang mengharuskan mereka untuk mendengarkan, memahami, dan menceritakan kembali cerita dengan jujur. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas,uji homoginitas dan uji. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam karakter jujur pada anak setelah intervensi dengan permainan kartu dongeng. Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Anak-anak menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang nilai kejujuran dan mampu menerapkan nilai tersebut dalam interaksi sehari-hari mereka. pada uji t nilai signifikansi (2-tailed) untuk kedua baris (Equal variances assumed dan Equal variances not assumed) adalah 0.000, yang jauh lebih kecil dari 0.05, ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara statistik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Kartu Dongeng, Karakter Jujur, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 793 Permainan dalam ruangan, hiburan dalam ruangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Dewi Novita |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:58 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:58 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KUSNA, SITI LABIBA NIDN2120018702 Thesis advisor PUSPITASARI, ENDANG NIDN0720079302 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6757 |