PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DAN MANFAATNYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PONDOK PESANTREN ABU DZARRIN BOJONEGORO

URWAH, MILLATUL (2024) PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DAN MANFAATNYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PONDOK PESANTREN ABU DZARRIN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur'an adalah sumber pengetahuan yang penting bagi umat Islam. Al-Qur'an merupakan pedoman hidup dan rujukan bagi umat Islam dalam menghadapi berbagai masalah. Al-Qur'an dianggap suci dan tidak mengalami perubahan karena kemurniannya dijaga oleh Allah. Menghafal Al-Qur'an menjadi sarana terbaik dalam menjaga kesucian isi Al-Qur'an, karena akan terus tersimpan dalam hati setiap penghafalnya. Program tahfidz Al-Qur'an merupakan upaya lembaga pendidikan dalam membentuk karakter qur'ani pada generasi muda. Tahfidz Al-Qur'an adalah kegiatan menghafal Al-Qur'an dengan kuat dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. SMK Pondok Pesantren Abu Dzarrin kemudian membentuk program tahfidz Al-Qur’an sebagai bentuk kepedulian sekolah dalam membentuk karakter siswa agar sesuai dengan yang terkandung didalam Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan kehadiran peneliti dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu pengasuh, guru/ustadz, dan siswa SMK Pondok Pesantren Abu Dzarrin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dan manfaatnya dalam membentuk karakter siswa di SMK Pondok Pesantren Abu Dzarrin terjadwal setiap hari kecuali hari Jum’at yang diikuti oleh siswa mulai dari kelas 10 sampai 12 dan terlaksana selama 30 menit pada setiap pertemuannya. Karakter siswa terbentuk melalui guru pengampu kelas tahfidz yang selalu menyampaikan nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Qur’an yang sedang dihafalkannya, selain itu seluruh guru juga menjadi suri teladan yang dapat dicontoh oleh para siswa melalui karakter yang ditunjukkan didalam lingkungan sekolah. 2. Faktor penghambat dalam pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dan manfaatnya dalam membentuk karakter siswa antara lain, kurangnya jam pembelajaran dan rasa malas dari siswa sendiri. Adapun faktor pendukungnya antara lain, persiapan pembelajaran yang matang, pemberian motivasi, manajemen waktu yang teratur, dan tempat menghafal yang nyaman, serta peran guru yang menjadi suri teladan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an, Membentuk Karakter Siswa
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Millatul Urwah
Date Deposited: 19 Oct 2024 04:15
Last Modified: 19 Oct 2024 04:15
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
NIDN0731127601
Thesis advisor
Anwar, Saeful
NIDN2115118902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6751

Actions (login required)

View Item
View Item