IMPLEMENTASI INQUIRI LEARNING BERBANTUAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN PAI DI MA SYI’AR ISLAM MAIBIT KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN

USNA, HIDYATUL (2024) IMPLEMENTASI INQUIRI LEARNING BERBANTUAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN PAI DI MA SYI’AR ISLAM MAIBIT KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia guru perlu meningkatkan mutu pembelajaran, dimulai dengan rencana pembelajaran yang menarik dan memperhatikan tujuan dari pembelajaran, karateristik siswa, materi yang diajarkan. Metode inquiri learning dapat dikatakan tergolong sebagai salah satu metode yang relatif baru yang pernah ditawarkan oleh para pakar pendidikan. Metode inquiri learning dipandang relevan hingga detik ini, lantaran fungsinya yang benar-benar dapat memantik kreatifitas siswa dalam kegiatan berpikir dan menalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi inquiri learning berbantuan video dalam meningkatkan kognitif siswa pada pelajaran PAI di MA Syi’ar Islam Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Lalu tehnik analisis terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian terkait implementasi inquiri learning berbantuan video dalam meningkatkan kognitif siswa pada pelajaran PAI di MA Syi’ar Islam Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban telah dilakukan dengan baik, dimana inquiri learning melalui tujuh tahapan yaitu Orientasi (Tahap Persiapan), Merumuskan masalah, Merumuskan hipotesis, Pengumpulan data, Menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan, Mempresentasikan jawaban, dan Refleksi. Implementasi inquiri learning berbantuan video di MA Syi’ar Islam Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban dapat meningkatkan kognitif siswa pada pelajaran fiqih materi sedekah. Metode inquiri learning dipandang relevan dikarenakan fungsinya yang benar-benar dapat memantik kreatifitas siswa dalam kegiatan berpikir dan menalar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Inquiri Learning, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatul Usna
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:00
Last Modified: 20 Sep 2024 02:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aziz, Su’udin
NIDN2121128602
Thesis advisor
Sholahuddin, Agus Moh.
NIDN0710089104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6746

Actions (login required)

View Item
View Item