USNA, HIDYATUL (2024) IMPLEMENTASI INQUIRI LEARNING BERBANTUAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN PAI DI MA SYI’AR ISLAM MAIBIT KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (506kB)
awalan.pdf
Download (866kB)
BAB I.pdf
Download (510kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (624kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (494kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (835kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (435kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (499kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB) | Request a copy
Abstract
Untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia guru perlu meningkatkan mutu pembelajaran, dimulai dengan rencana pembelajaran yang menarik dan memperhatikan tujuan dari pembelajaran, karateristik siswa, materi yang diajarkan. Metode inquiri learning dapat dikatakan tergolong sebagai salah satu metode yang relatif baru yang pernah ditawarkan oleh para pakar pendidikan. Metode inquiri learning dipandang relevan hingga detik ini, lantaran fungsinya yang benar-benar dapat memantik kreatifitas siswa dalam kegiatan berpikir dan menalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi inquiri learning berbantuan video dalam meningkatkan kognitif siswa pada pelajaran PAI di MA Syi’ar Islam Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Lalu tehnik analisis terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian terkait implementasi inquiri learning berbantuan video dalam meningkatkan kognitif siswa pada pelajaran PAI di MA Syi’ar Islam Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban telah dilakukan dengan baik, dimana inquiri learning melalui tujuh tahapan yaitu Orientasi (Tahap Persiapan), Merumuskan masalah, Merumuskan hipotesis, Pengumpulan data, Menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan, Mempresentasikan jawaban, dan Refleksi. Implementasi inquiri learning berbantuan video di MA Syi’ar Islam Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban dapat meningkatkan kognitif siswa pada pelajaran fiqih materi sedekah. Metode inquiri learning dipandang relevan dikarenakan fungsinya yang benar-benar dapat memantik kreatifitas siswa dalam kegiatan berpikir dan menalar.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Inquiri Learning, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hidayatul Usna |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 02:00 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:00 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aziz, Su’udin NIDN2121128602 Thesis advisor Sholahuddin, Agus Moh. NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6746 |