KHUSNIYAH, FARIDHATUN (2024) EKSPERIMEN BIJI-BIJIAN MENARI DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI RA NURUL HIDAYAH DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (344kB)
AWALAN.pdf
Download (674kB)
BAB I.pdf
Download (493kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (510kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (259kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (377kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran sains pada anak usia dini sangat penting untuk membentuk dasar pemahaman mereka terhadap konsep-konsep ilmiah serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Anak-anak pada usia 4-5 tahun berada pada tahap perkembangan kognitif yang sangat pesat, sehingga memerlukan metode pembelajaran yang menarik dan efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan menilai pengaruh eksperimen biji-bijian menari dalam pembelajaran sains terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Hidayah, Desa Sumberagung, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro.
Jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian "One-Group Pretest-Posttest Design". Subjek penelitian adalah anak-anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Hidayah. Eksperimen dilakukan dengan menggunakan biji jagung, kacang tanah, dan kacang hijau. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest untuk menilai peningkatan kemampuan berpikir kreatif anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai fluency mencapai 92.6, flexibility 87.6, originality 81.4, dan elaboration 85.3. Ini menunjukkan bahwa kombinasi treatment 1 dan treatment 2 berhasil meningkatkan kreativitas anak-anak. Melalui eksperimen biji-bijian menari, anak-anak tidak hanya belajar konsep sains secara lebih menyenangkan, tetapi juga mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mereka secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksperimen, Biji-bijian Menari, Pembelajaran Sains, Kemampuan Berpikir Kreatif, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | FARIDHATUN KHUSNIYAH |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:49 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NI'MAH, ROUDLOTUN NIDN2125068202 Thesis advisor FIKRI, M.TSAQIBUL NIDN2108089201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6717 |