MAHMUDAH, UMI SAFIA NUR (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK PADA MATERI PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA BERBASIS CERITA FIKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (571kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (586kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (698kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (762kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (428kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (550kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan guru mata pelajaran pendidikan pancasila di MIM 2 Drajat Baureno Bojonegoro bahwa “Selama ini dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila masih menggunakan bahan ajar dari LKS dan buku siswa”. Tujuan penelitian ini yaitu : 1). Untuk mengetahui bagaimana Proses Pengembangan E-Book Berbasis cerita fiksi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari Kelas IV MIM 2 Drajat Baureno Bojonegoro. 2). Untuk mengetahui Bagaimana hasil Pengembangan E-Book Berbasis cerita fiksi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari Kelas IV MIM 2 Drajat Baureno Bojonegoro Penelitian ini menggunkan metode R&D (Research and Development), dengan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, validasi dan tes. Teknik analisis data meliputi uji validasi ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk sudah layak digunakan sesuai dengan uji validitas dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, berdasarkan validasi oleh ahli media mendapatkan persentase 95% mendapat kriteria sangat baik, kemudian berdasarkan validasi bahasa mendapat presentase 96% kriteria sangat baik, dan validasi materi mendapat presentase 97,5% Maka dengan ini dinyatakan layak/valid. Hasil pre-test dan post-test uji kelompok kecil yakni dari 37% menjadi 48% sehingga memperoleh hasil peningkatan hasil belajar 0,2%, kategori sedang. Hasil pre-test dan post-test uji kelompok besar yakni dari 75% menjadi 93% sehingga memperoleh hasil peningkatan hasil belajar 2,5%, kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-book, Berbasis cerita fiksi, kelas IV MI |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UMI SAFIA NUR MAHMUDAH |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:08 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:08 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SA'DIYAH, ZUMROTUS NIDN2108089102 Thesis advisor YULIA, NURUL MAHRUZAH NIDN0722079501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6713 |