EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG PERISTIWA KARBALA DI SMPN 1 BAURENO

RIZQI, MOCH MIFTAKHUR (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG PERISTIWA KARBALA DI SMPN 1 BAURENO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of AWALAN-1.pdf] Text
AWALAN-1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran perlu dikuasai dan dipelajari guru atau calon guru, sehingga mereka dapat menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa secara baik berdaya guna dan berhasil guna. Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi sangatlah pesat. mengenai teknologi, media sosial sangat memberikan pengaruh kepada kehidupan masyarakat dan umat Islam pada zaman ini terutama dalam pemikiran dan pandangan hidupnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Media Pembelajaran Virtual Reality terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Sejarah Kebudayaan Islam di SMPN 1 Baureno. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengambilan data menggunakan kuesioner pada pengujian instalasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian yang melibatkan 64 responden selama proses pengujian pada aplikasi VR tes kebenaran mendapatkan hasil 100% yang menunjukkan aplikasi ini berfungsi dengan baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti berpendapat bahwa setelah diberikan media pembelajaran Virtual Reality dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam dengan topik peristiwa karbala. dikarenakan aplikasi pembelajaran Virtual Reality ini membuat siswa lebih mudah karena mendukung e-learning sehingga siswa dapat belajar dimana dan kapan saja. Kemudian berdasarkan kritik dan saran yang diberikan oleh 64 responden tersebut dapat disimpulkan bahwa media VR ini dinilai baik dan menarik untuk media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran Virtual Reality pendidikan agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MOCH MIFTAKHUR RIZQI
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:09
Last Modified: 09 Sep 2024 02:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ROZI, FAHRU
NIDN2125048401
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
NIDN2104079104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6690

Actions (login required)

View Item
View Item