RIZQI, MOCH MIFTAKHUR (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG PERISTIWA KARBALA DI SMPN 1 BAURENO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (48kB)
AWALAN-1.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (580kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (938kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (749kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (425kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (642kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Media pembelajaran perlu dikuasai dan dipelajari guru atau calon guru, sehingga mereka dapat menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa secara baik berdaya guna dan berhasil guna. Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi sangatlah pesat. mengenai teknologi, media sosial sangat memberikan pengaruh kepada kehidupan masyarakat dan umat Islam pada zaman ini terutama dalam pemikiran dan pandangan hidupnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Media Pembelajaran Virtual Reality terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Sejarah Kebudayaan Islam di SMPN 1 Baureno. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengambilan data menggunakan kuesioner pada pengujian instalasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian yang melibatkan 64 responden selama proses pengujian pada aplikasi VR tes kebenaran mendapatkan hasil 100% yang menunjukkan aplikasi ini berfungsi dengan baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti berpendapat bahwa setelah diberikan media pembelajaran Virtual Reality dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam dengan topik peristiwa karbala. dikarenakan aplikasi pembelajaran Virtual Reality ini membuat siswa lebih mudah karena mendukung e-learning sehingga siswa dapat belajar dimana dan kapan saja. Kemudian berdasarkan kritik dan saran yang diberikan oleh 64 responden tersebut dapat disimpulkan bahwa media VR ini dinilai baik dan menarik untuk media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran Virtual Reality pendidikan agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOCH MIFTAKHUR RIZQI |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:09 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:09 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ROZI, FAHRU NIDN2125048401 Thesis advisor NIHAYAH, HAMIDATUN NIDN2104079104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6690 |