PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA LOOSE PART PADA SENTRA BAHAN ALAM UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MARDI PUTRA DESA BAYEMGEDE KECAMATAN KEPOHBARU BOJONEGORO

NURDIANA, SITI (2024) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA LOOSE PART PADA SENTRA BAHAN ALAM UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MARDI PUTRA DESA BAYEMGEDE KECAMATAN KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengelolaan pembelajaran di luar kelas menggunakan media loose part di TK Mardi Putra Bayemgede Kepohbaru Bojonegoro. Pembelajaran dilakukan melalui langkah-langkah terstruktur, dimulai dengan pemilihan lokasi aman seperti teras, taman sekolah, dan halaman bermain. Kegiatan pembelajaran direncanakan dengan tujuan yang jelas dan memanfaatkan bahan loose part yang tersedia di lingkungan sekitar. Anak-anak diajak mengumpulkan bahan-bahan alam seperti batu, daun, dan ranting, serta diberi kebebasan untuk berkreasi, dengan guru berperan sebagai fasilitator. Evaluasi dilakukan untuk menilai keterlibatan dan perkembangan anak, diikuti dengan refleksi bersama.. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Faktor�faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pengelolaan pembelajaran dengan media loose part juga dianalisis untuk memberikan gambaran lengkap tentang pengelolaan dan efektivitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran sentra bahan alam dengan media loose parts di TK Mardi Putra Bayemgede Kepohbaru Bojonegoro berjalan dengan efektif, namun juga menghadapi sejumlah tantangan. Guru kelas berhasil menerapkan loose parts dalam kegiatan pembelajaran, di mana siswa diberi kesempatan untuk bereksplorasi dan memanipulasi berbagai bahan alam seperti batu, daun, kayu, dan biji-bijian. Penggunaan media ini terbukti mampu merangsang kreativitas, keterampilan motorik halus, serta kemampuan problem-solving pada anak-anak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Media Loose part, Sentra Bahan Alam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email 20480328@unugiri.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:02
Last Modified: 12 Sep 2024 02:02
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NIKMAH, ROUDLOTUN
NIDN2125068202
Thesis advisor
FIKRI, M. TSAQIBUL
NIDN2108089201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6688

Actions (login required)

View Item
View Item