NIKMAH, JAITUN (2024) ANALISIS MODEL E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENUMBUHKAN DAYA FIKIR KRITIS SISWA DI SMK 1 NEGERI TRUCUK DAN SMKN 2 BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (55kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (362kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (476kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (518kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (120kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (250kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB) | Request a copy
Abstract
Masyarakat di abad 21 harus memiliki kemampuan dan keterampilan untuk hidup berdampingan dengan kemajuan teknologi. Salah satu keterampilan yang perlu ditingkatkan adalah keterampilan berpikir kritis. Peningkatan keterampilan ini dapat dilakukan dalam pembelajaran di kelas. Dengan implementasi model e-learning yang beragam pada pembelajaran, memungkinkan siswa untuk belajar mandiri tanpa terbatas ruang dan waktu. Studi ini bertujuan untuk: menganalisis model e-learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam menumbuhkan daya pikir kritis siswa di SMK Negeri 1 Trucuk dan SMK Negeri 2 Bojonegor. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi di dua sekolah berbeda. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru-guru terkait, dan analisis dokumen serta materi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua sekolah memiliki upaya dalam menggunakan e-learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap menumbuhkan daya pikir kritis siswa. Meskipun kedua sekolah sama sama mengimplementasikan e-learning, terdapat perbedaan pendekatan dan model e-learning yang diambil. SMK Negeri 1 Trucuk cenderung lebih fokus pada keterampilan kritis dan pemecahan masalah dengan Menggunakan model e-learning adjunct berbasis virtual education dan computer based learning, sementara SMK Negeri 2 Bojonegoro menekankan kolaborasi dan kreativitas dalam pembelajaran, dengan menggunakan model blendeed learning berbasis web yang memanfaatkan LMS dan computer based learning.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, e-learning, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Persepsi Siswa, daya pikir kritis siswa, faktor pendukung dan faktor penghambat |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Jaitun Nikmah |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:12 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:12 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor MASUR, AHMAD NIDN2122037701 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6687 |