FIQRI, MUHAMMAD HISYAM DZUNNUR (2024) IMPLEMENTASI KITAB AL-QIROAH AL-ROSYIDAH SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX MTS ASSALAM BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER .pdf
Download (155kB)
AWALAN.pdf
Download (966kB)
BAB I.pdf
Download (601kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (593kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (675kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (424kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (540kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Akidah Kajian akhlak adalah salah satu syarat dalam pendidikan agama Islam, imam AlGhozali berkata sebagaimana dikutip oleh Hamdani Ihsan dan A. Fuad Ihsan mengatakan bahwa iman adalah mengatakan kebenaran dengan lantang, mengakui kebenaran dalam hati, dan bertindak berdasarkan kebenaran, dengan hal ini menanamkan sifat diatas adalah tugas setiap insan, maka akidah akhlak menjadi salah satu sarana yang mewadahi hal ini dapat terwujud, namun semua itu dapat terwujud dengan memanfaatkan metode, strategi, media yang baik, sehingga murid atau siswa dapat memahami apa yang dimaksud dengan berakidah dan berakhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan kitab Al-Qirâ`ah al-Rasyîdah dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IX MTs Assalam Bangilan, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Kitab tersebut dipilih karena memiliki konten yang relevan dengan materi akidah akhlak dalam kurikulum pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada proses implementasi kitab tersebut dalam konteks pembelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif serta data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan bahan ajar pendukung yaitu Kitab Al-Qirâ`ah al-Rasyîdah yang di dalamnya berisi cerita inspiratif secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akidah akhlak dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada umumnya. Implikasi temuan ini mendukung integrasi kitab-kitab klasik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di lingkungan pendidikan formal.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qirâ`Ah Al-Rasyîdah, Implementasi, Pemahaman |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD HISYAM DZUNUR FIQRI |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 01:49 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 01:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MA'ARIF, M JAUHARUL NIDN2128097201 Thesis advisor AZIZ, SU'UDIN NIDN2121128602 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6677 |