PENERAPAN TEKNIK SELF UNDERSTANDING DENGAN KONSELING INDIVIDU BERBASIS CLIENT CENTERED UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X DI MA PLUS KEDUNGSANTREN BOJONEGORO

YUMARO, ISNA SA'ADAH (2024) PENERAPAN TEKNIK SELF UNDERSTANDING DENGAN KONSELING INDIVIDU BERBASIS CLIENT CENTERED UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X DI MA PLUS KEDUNGSANTREN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

mengekspresikan emosi diri sendiri serta memahami dan merespons emosi orang lain secara efektif. Konsep ini mencakup kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Aspek-aspek kecerdasan emosional yang diteliti meliputi kemampuan mengenali emosi diri, kemampuan mengelola emosi, kemampuan memotivasi diri, Kemampuan berempati dan Kemampuan berinteraksi social. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan teknik Self Understanding dalam pendekatan Client Centered untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MA Plus Kedungsantren Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest. Tahapan penelitian meliputi pemberian pretest untuk mengukur kecerdasan emosional awal, pemberian treatment berupa konseling individu dengan teknik Self Understanding berbasis Client Centered, pemberian posttest untuk mengevaluasi perubahan setelah perlakuan Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas X dengan tingkat kecerdasan emosional rendah, dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik Self Understanding melalui konseling individu berbasis Client Centered efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Peningkatan kecerdasan emosional tercatat antara 9% hingga 16% dengan rata-rata peningkatan sebesar 12%. Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik ini tidak hanya meningkatkan pemahaman diri siswa tentang emosi mereka, tetapi juga memperbaiki keterampilan praktis dalam mengelola emosi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Self Understanding, Client Centered, emotional intelligence
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Unnamed user with email 3320200337@unugiri.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2024 07:42
Last Modified: 22 Nov 2024 07:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NOVITASARI, ZETI
NIDN0711118702
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
NIDN0715049401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6667

Actions (login required)

View Item
View Item