FITRIAH, LULUK ATUL (2024) IMPLEMENTASI GAMIFICATION BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AlQURAN HADIST KELAS X MA ISLAHIYAH KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (55kB)
AWALAN...pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (591kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (635kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (682kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (428kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (492kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis permainan menggunakan media WordWall untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Peneliti menyatakan karena pendekatan gamifikasi aplikasi Wordwoll dapat mendorong siswa untuk berpikir lebih positif terhadap apa yang diajarkan di kelas, sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa kelas X MA Islahiyah Kalitidu. Selain itu, proses pembelajaran Hadits Al-Quran menjadi tidak terlupakan berkat partisipasi aktif siswa di dalam kelas. Hal ini juga bertujuan agar siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan lebih terlibat. Dengan demikian, berdasarkan latar belakang informasi yang telah diberikan di atas,
peneliti ingin mengetahui apakah penerapan Metode Gamification Based Learning Wordwoll mempengaruhi semangat siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Al-Quran Hadits di Kelas X Ma Islahiyah Kalitidu. Berdasarkan temuan penelitian, penggunaan media WordWall yang dipadukan dengan paradigma Games Based Learning meningkatkan pembelajaran siswa dengan menarik perhatian mereka, menggugah minat mereka, dan menjadikan proses pembelajaran lebih partisipatif. Selain itu, siswa mendapatkan manfaat pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna melalui pembelajaran berbasis permainan. Keterlibatan dan kegairahan siswa dalam kegiatan belajar menunjukkan betapa meningkatnya minat belajarnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Games Based Learning, WordWall, pembelajaran Al-quran hadis kelas x, minat belajar |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LULUK ATUL FITRIAH |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 01:55 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 01:55 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MANSUR, AHMAD NIDN2122037701 Thesis advisor ULFA, ULFA NIDN2121067401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6665 |