IMPLEMENTASI GAMIFICATION BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AlQURAN HADIST KELAS X MA ISLAHIYAH KALITIDU BOJONEGORO

FITRIAH, LULUK ATUL (2024) IMPLEMENTASI GAMIFICATION BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AlQURAN HADIST KELAS X MA ISLAHIYAH KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of AWALAN...pdf] Text
AWALAN...pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis permainan menggunakan media WordWall untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Peneliti menyatakan karena pendekatan gamifikasi aplikasi Wordwoll dapat mendorong siswa untuk berpikir lebih positif terhadap apa yang diajarkan di kelas, sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa kelas X MA Islahiyah Kalitidu. Selain itu, proses pembelajaran Hadits Al-Quran menjadi tidak terlupakan berkat partisipasi aktif siswa di dalam kelas. Hal ini juga bertujuan agar siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan lebih terlibat. Dengan demikian, berdasarkan latar belakang informasi yang telah diberikan di atas,
peneliti ingin mengetahui apakah penerapan Metode Gamification Based Learning Wordwoll mempengaruhi semangat siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Al-Quran Hadits di Kelas X Ma Islahiyah Kalitidu. Berdasarkan temuan penelitian, penggunaan media WordWall yang dipadukan dengan paradigma Games Based Learning meningkatkan pembelajaran siswa dengan menarik perhatian mereka, menggugah minat mereka, dan menjadikan proses pembelajaran lebih partisipatif. Selain itu, siswa mendapatkan manfaat pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna melalui pembelajaran berbasis permainan. Keterlibatan dan kegairahan siswa dalam kegiatan belajar menunjukkan betapa meningkatnya minat belajarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Games Based Learning, WordWall, pembelajaran Al-quran hadis kelas x, minat belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LULUK ATUL FITRIAH
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:55
Last Modified: 17 Sep 2024 01:55
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSUR, AHMAD
NIDN2122037701
Thesis advisor
ULFA, ULFA
NIDN2121067401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6665

Actions (login required)

View Item
View Item