KHASANATI, ALVI (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF MENGGUNAKAN APLIKASI BAAMBOOZLE MATERI GHIBAH PELAJARAN PAI SISWA KELAS 7 SMPN TRUCUK. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (220kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (842kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (802kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (869kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (696kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (782kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pada kurikulum merdeka terdapat asesmen diagnostik kognitif untuk mengukur batas kemampuan dari peserta didik, asesmen diagnostik kognitif ini dilakukan pada awal atau akhir dalam proses pembelajaran, di awal pembelajaran bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik mengetahui materi yang akan di sampaikan oleh pendidik, dan asesmen diagnostik kognitif di akhir pembelajaran di lakukan bertujuan untuk mengetahui atau mendiagnosis seberapa faham peserta didik dalam mencerna apa yang di sampaikan oleh pendidik. Banyak problem di sekolah yaitu, pendidik kesulitan dalam mengukur sejauh mana peserta didik dapat memahami materi yang sudah di sampaikan oleh pendidik, problem yang lain kurangnya pendidik dalam mengkreasikan atau memodifikasikan asesmen diagnostik kognitif sehingga berdampak pada kurangnya minat peserta didik dalam mengerjakan soal yang telah di sajikan oleh pendidik.
Metode penelitian yang peneliti ambil yaitu R&D (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analiysis, Design, Development, Evaluation). Analiysis menggunakan analisis kurikulum dan analisis materi melalui observasi dan wawancara. Design dilakukan dengan membuat KKTP, modul ajar dan desain produk. Development tahapan yang di lakukan dengan memvalidasi produk oleh ahli materi dan ahli asesmen. Implementation tahapan mengimplementasikan produk di SMPN Trucuk selain itu juga pendidik dan peserta didik mengisi angket untuk mengetahui kepraktisan dan keterbacaan. Evaluation setelah memalui beberapa tahapan selanjutnya di temukan revisi oleh ahli asesmen dari aspek keterbacaan.
Hasil analisis dari validitas isi yang di validasi oleh ahli asesmen dan ahli materi mendapat nilai rata-rata 95% validitas konstruk mendapat nilai rata-rata 81,25% validitas soal di analisis menggunakan aplikasi ministep dari ke 13 soal di nyatakan valid, untuk mengetahui reliabilitas menggunakan model RASCH dan mendapat hasil person reliability mendapat 0.56 pada item reliability mendapat nilai 0,83 alpha cronbach mendapat nilai angka 0.58. Kepraktisan yang dilihat dari angket pendidik dan peserta didik mendapat nilai rata rata 89,15% keterbacaan mendapat nilai rata rata 89,50% Hasil penelitian pengembangan asesmen diagnostik kognitif menggunakan aplikasi baamboozle materi ghibah pelajaran PAI siswa kelas 7 SMPN Trucuk dinyatakan layak untuk di implementasikan di lihat dari validitas soal, validitas konstruk, validitas isi, reliabilitas, kepraktisan, dan keterbacaa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Diagnostik Kognitif, Aplikasi Baamboozle |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email 20015013@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:02 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:02 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AUFA, ARI ABI NIDN2107057802 Thesis advisor ANISAH, GIATI NIDN2104079104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6647 |