PENGEMBANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF MENGGUNAKAN APLIKASI BAAMBOOZLE MATERI GHIBAH PELAJARAN PAI SISWA KELAS 7 SMPN TRUCUK

KHASANATI, ALVI (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF MENGGUNAKAN APLIKASI BAAMBOOZLE MATERI GHIBAH PELAJARAN PAI SISWA KELAS 7 SMPN TRUCUK. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada kurikulum merdeka terdapat asesmen diagnostik kognitif untuk mengukur batas kemampuan dari peserta didik, asesmen diagnostik kognitif ini dilakukan pada awal atau akhir dalam proses pembelajaran, di awal pembelajaran bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik mengetahui materi yang akan di sampaikan oleh pendidik, dan asesmen diagnostik kognitif di akhir pembelajaran di lakukan bertujuan untuk mengetahui atau mendiagnosis seberapa faham peserta didik dalam mencerna apa yang di sampaikan oleh pendidik. Banyak problem di sekolah yaitu, pendidik kesulitan dalam mengukur sejauh mana peserta didik dapat memahami materi yang sudah di sampaikan oleh pendidik, problem yang lain kurangnya pendidik dalam mengkreasikan atau memodifikasikan asesmen diagnostik kognitif sehingga berdampak pada kurangnya minat peserta didik dalam mengerjakan soal yang telah di sajikan oleh pendidik.
Metode penelitian yang peneliti ambil yaitu R&D (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analiysis, Design, Development, Evaluation). Analiysis menggunakan analisis kurikulum dan analisis materi melalui observasi dan wawancara. Design dilakukan dengan membuat KKTP, modul ajar dan desain produk. Development tahapan yang di lakukan dengan memvalidasi produk oleh ahli materi dan ahli asesmen. Implementation tahapan mengimplementasikan produk di SMPN Trucuk selain itu juga pendidik dan peserta didik mengisi angket untuk mengetahui kepraktisan dan keterbacaan. Evaluation setelah memalui beberapa tahapan selanjutnya di temukan revisi oleh ahli asesmen dari aspek keterbacaan.
Hasil analisis dari validitas isi yang di validasi oleh ahli asesmen dan ahli materi mendapat nilai rata-rata 95% validitas konstruk mendapat nilai rata-rata 81,25% validitas soal di analisis menggunakan aplikasi ministep dari ke 13 soal di nyatakan valid, untuk mengetahui reliabilitas menggunakan model RASCH dan mendapat hasil person reliability mendapat 0.56 pada item reliability mendapat nilai 0,83 alpha cronbach mendapat nilai angka 0.58. Kepraktisan yang dilihat dari angket pendidik dan peserta didik mendapat nilai rata rata 89,15% keterbacaan mendapat nilai rata rata 89,50% Hasil penelitian pengembangan asesmen diagnostik kognitif menggunakan aplikasi baamboozle materi ghibah pelajaran PAI siswa kelas 7 SMPN Trucuk dinyatakan layak untuk di implementasikan di lihat dari validitas soal, validitas konstruk, validitas isi, reliabilitas, kepraktisan, dan keterbacaa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Asesmen Diagnostik Kognitif, Aplikasi Baamboozle
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email 20015013@unugiri.ac.id
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:02
Last Modified: 04 Sep 2024 08:02
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
Thesis advisor
ANISAH, GIATI
NIDN2104079104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6647

Actions (login required)

View Item
View Item